Tingkatkan Literasi Anak Saat Pandemi, Dongeng Dibacakan via Daring

Program ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak sebelum  pandemi yang secara langsung menghadirkan Bunda PAUD di hadapan anak-anak.
Tingkatkan Literasi Anak Saat Pandemi, Dongeng Dibacakan via Daring

Solopos.com, MAGELANG — Sejak masa pandemi, anak-anak melakukan pembelajaran di sekolah secara daring dan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak-anak, Bunda PAUD Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin menggelar program peningkatan literasi yang diberi nama ‘Bunda PAUD Mengajar’ dengan cara membacakan dongeng bagi anak-anak yang dilakukan secara daring.

Mengutip Beritamagelang.id, Jumat (23/7/2021), dongeng yang dibacakan bertemakan menjaga kebersihan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Program ini sebenarnya sudah dilaksanakan sejak sebelum  pandemi yang secara langsung menghadirkan Bunda PAUD di hadapan anak-anak.

Namun karena masa pandemi, maka program ini dialihkan secara virtual atau daring.  Dalam Program Bunda PAUD Mengajar ini, sang Bunda PAUD membacakan dongeng tersebut dari Rumah Dinas Bupati Magelang dan kemudian  direkam untuk nantinya diunggah ke YouTube.

Baca Juga : Kerajinan Unik dari Magelang Berbahan Dasar Ijuk Sapu

Ilustrasi seroang ibu membacakan dongeng kepada anak-anaknya
Ilustrasi seroang ibu membacakan dongeng kepada anak-anaknya (Sumber: Freepik.com)

Menurut Christanti, kegiatan atau gerakan literasi bagi anak-anak ini sangatlah penting dilakukan sedini mungkin dan diharapkan dapat menanamkan kecintaan anak kepada buku. Christanti juga mengemukaan bahwa secara penelitian, apabila seorang anak dibacakan buku secara rutin akan menumbuhkan kecintaan mereka kepada buku dan saat anak-anak sudah bisa membaca, mereka akan semakin gemar untuk membaca.

Salah satu dongeng yang dibacakan Christanti adalah ‘Asiknya Mandi Bersih’ dengan dua karakter animasi bernama Beri dan Kumkum. Melalui dongeng ini anak-anak diajak untuk membiasakan mandi minimal dua kali sehari agar terbebas dari bakteri dan penyakit.

Dirinya juga berpesan kepada orang tua untuk lebih teliti dalam mendampingi anak-anaknya di masa pandemi apalagi situasi sekarang para orang tua tidak bisa lagi menyandarkan anak-anak kepada lembaga pendidikan.

Baca Juga : Kucing Sandiaga Uno Lahiran, Salah Satunya Dinamai Magelang

Mengutip dari Suara.com, salah satu metode untuk meningkatkan minat baca pada anak adalah dengan membacakan buku kepada anak setiap hari. Hal ini digunakan unutk memancing reaksi anak dalam berimajinasi dengan cerita-cerita yang orang tua bacakan. Pastikan buku yang dipilih memiliki memuat dunia anak dan juga ilmu pengetahuan.

Sedangkan waktu yang tepat untuk membacakan buku kepada anak saat setelah belajar atau sebelum anak tidur karena waktu itulah yang tepat untuk membangun imajinasi pada anak-anak.

Dengan membacakan anak-anak sebuah cerita dari buku, sebenarnya orang tua secara otomatis menjadi teladan kepada anak-anaknya karena sang anak melihat contoh yang nyata dari orang tua mereka saat dibacakan cerita dari buku.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago