SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa. (dok)

Solopos.com, SURABAYA – Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Jawa Timur atau Jatim hingga kini telah mampu mencapai 66,97 persen atau melebihi capaian nasional 61,9 persen.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya secara agresif meningkatkan kapasitas testing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yakni dengan menggunakan 47 mesin PCR, 23 mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) dan 1 unit mobil PCR sehingga total kemampuan testing di Jatim mencapai 4.000 – 5.000 sampel per hari.

“Dengan jumlah kapasitas testing sebanyak itu, hingga 2 Agustus 2020, kita sudah melakukan rapid test kepada warga Jatim sebanyak 773.015 tes. Ini berarti 1 dari 52 penduduk Jatim telah dilakukan rapid test. Sedangkan tes PCR sudah 134.496 sampel, yang berarti 1 dari 297 penduduk telah dilakukan swab,” jelasnya, Senin (3/8/2020).

Alhamdulillah, Seluruh Pasien Positif Covid-19 dari Pondok Gontor Sembuh

Khofifah mengatakan peningkatan kapasitas testing, tracing, dan treatment menjadi kunci percepatan penanganan Covid-19.

Termasuk, kata dia, dari sisi kesiapan rumah sakit rujukan di Jatim yang jumlahnya mencapai 127 rumah sakit.

Selain itu, optimalisasi RS Darurat/Lapangan Indrapura juga menjadi salah satu faktor penunjang kesembuhan pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan ringan di Jatim.

“Beberapa pasien yang dirawat di RS Lapangan sembuhnya cepat, kurang dari satu minggu hasil tes swabnya sudah negatif," kata Khofifah.

"Jadi kuncinya adalah pemberian makanan yang bergizi, ruang perawatan nyaman, vitamin, olahraga ringan pagi hari, serta monitoring yang ketat dari para nakes,” tambah Gubernur Jatim.

Kerja Keras dan Dedikasi

Berdasarkan data Covid-19 Pemprov Jatim, hingga 2 Agustus 2020, jumlah pasien yang telah sembuh mencapai 15.068 orang atau setara 66,97 persen.

Jumlah tersebut terus bertambah setiap hari, dan per 2 Agustus ada tambahan pasien Covid-19 sembuh sebanyak 191 orang.

1 Pasien Covid-19 Meninggal, Begini Respons Wali Kota Madiun

Sedangkan total kasus positif Covid-19 di Jatim sejak awal hingga 2 Agustus 2020 itu tercatat mencapai 22.504 orang.

Dari jumlah tersebut sebanyak 5.717 atau 25,4 persen masih dirawat.

Jika dibandingkan dengan data nasional, kasus positifnya mencapai 111.455 orang, dan yang masih dirawat 37.244 atau setara 33,4 persen.

“Alhamdulilah jumlah kesembuhan di Jatim semakin bertambah dan prosentasenya mampu melebihi nasional. Ini merupakan kerja keras dan dedikasi semua pihak dari para nakes, TNI-Polri, relawan dan masyarakat,” imbuhnya.

Mantan Menteri Sosial itu tetap meminta masyarakat Jatim tidak meremehkan pandemi Covid-19 dan tetap melakukan protokol kesehatan.

Kereta Reguler Beroperasi Lagi, Ini Peringatan KAI Madiun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya