SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga miskin (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas diyakini bisa menurunkan tingkat kemiskinan di Jawa Tengah menjadi satu digit atau di bawah 10% pada 2019.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Kamis (21/11/2019), per Maret 2019, tingkat kemiskinan di Jateng mencapai ke 10,8% dengan jumlah penduduk miskin 3,74 juta orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Angka itu menurun dari posisi per September 2018 sebesar 11,32% dengan jumlah penduduk miskin 3,89 juta orang. Sayangnya, persentase itu masih di bawah rata-rata nasional sebesar 9,41% per Maret 2019.

Ekonom Universitas Katolik Soegijapranata Andreas Lako menyatakan angka kemiskinan di Jawa Tengah menurun seiring dengan peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi dan aksesbilitas infrastruktur. Oleh karena itu, diperkirakan tingkat kemiskinan Jateng per September 2019 akan turun di bawah 10%.

“Ada kemungkinan target Pemerintah Provinsi menekan angka kemiskinan satu digit terealisasi pada tahun ini,” ujarnya, Kamis (21/11/2019).

Agar angka kemiskinan semakin rendah, para pemangku kepentingan perlu fokus dalam pengembangan infrastruktur di zona merah. Infrastruktur tersebut mencakup konektivitas yang menghubungkan antar desa dan titik-titik yang masih terisolasi.

Wilayah kabupaten dengan zona merah atau angka kemiskinan tertinggi ialah Brebes, Banyumas, Kebumen, Pemalang, dan Cilacap. Padahal, daerah-daerah itu memiliki potensi ekonomi yang besar, tetapi pertumbuhahannya kurang berkualitas.

Akibatnya, tingkat kemiskinan dan kesenjangan sosial, yang ditunjukkan dengan indeks gini rasio, masih tinggi. Per Maret 2019, gini rasio di Jateng mencapai 0,361, meningkat 0,004 poin dari September 2018 sebesar 0,357.

“Semakin tinggi gini rasio, semakin tinggi juga ketimpangan ekonomi. Ini menjadi salah satu pekerjaan rumah menuntaskan kemiskinan,” imbuhnya.

Pengurangan kemiskinan akan semakin cepat jika wilayah zona merah mengoptimalkan potensi perekonomiannya. Misalnya, di Brebes akan dibangun Kawasan Industri (KI), sebagai salah satu prioritas pengembangan Pemerintah Jateng.

Selain itu, karena wilayah Brebes, Cilacap, dan Banyumas cenderung berdekatan dengan Jawa Barat, Pemprov Jateng dapat berkoordinasi dengan Pemprov Jabar perihal peluang kolaborasi bisnis dan pembangunan.

Andreas menambahkan, mengentaskan kemiskinan erat kaitannya dengan upaya memacu pertumbuhan ekonomi Jateng, yang ditargetkan mencapai 7% pada 2023. Kemiskinan yang menurun akan berdampak terhadap kondisi sosial yang kondusif, sehingga aktivitas ekonomi dapat berjalan optimal.

“Jadi pemerintah harus melihat pertumbuhan 7% yang berkualitas. Artinya pertumbuhan itu berdampak positif terhadap sosial dan memerhatikan lingkungan,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya