SOLOPOS.COM - Sejumlah pemain Timnas U-23 mengikuti latihan di Stadion UNY Yogyakarta, beberapa waktu lalu. DokJIBI/Solopos/Antara

Harianjogja.com, SLEMAN-Setelah memetik hasil tak memuaskan di dua laga uji coba sebelumnya, kini skuat Timnas U-23 harus melakoni ujian yang lebih berat. Kurnia Meiga dkk harus meladeni perlawanan Timnas Timor Leste U-23 di Stadion Maguwoharjo, malam ini (30/10/2013) pukul 19.30 WIB.

Menghadapi timnas Timor Leste yang tiga tahun lalu di ajang kualifikasi AFC Cup U-22 berhasil dikalahkan oleh tim merah putih yang ketika itu dibesut oleh Aji Santoso dengan skor 2-0, kini bukan perkara mudah. Pasalnya, tim yang berjuluk Matahari Terbit ini kini telah banyak berkembang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim asuhan Emerson dos Santos tersebut saat ini harus benar-benar diwaspadai oleh arsitek Timnas U-23 Rahmad Darmawan.
Terlebih, hasil memalukan ketika dipecundangi tim Divisi I Persibat masih menjadi beban mental bagi Andik Vermansyah dkk.

Kendala utama Timnas Garuda Muda tak bisa dipungkiri terletak pada barisan depan. Setelah mencoret beberapa ujung tombak macam Ghozali Siregar dan Syamsir Alam, kini RD (sapaan akrab Rahmad Darmawan) menaruh harapan besar pada sosok Fandi Eko Utomo.

Striker masa depan Indonesia yang merupakan putra legenda sepak bola Yusuf Ekodono ini digadang akan menjadi penghuni tempat terdepan dalam skuat Garuda Muda. Penyerang asal Persela tersebut diharapkan bisa menjadi juru gedor sekaligus pembuka ruang serangan timnas U-23 ke jantung pertahanan Timor Leste.

RD mengaku terlalu riskan jika harus langsung memasang Yandi Sofyan sejak menit awal. Pasalnya, mantan pemain timnas U-17 dan U-19 yang kini merumput bersama Arema tersebut baru bergabung bersama pemain U-23 lainnya Selasa (29/10/2013) sore.

Selain ujung tombak, gelandang sepertinya juga akan diuji dalam laga uji coba internasional pertama Timnas U-23 selama pemusatan latihan di Jogja tersebut. Hal itu lantaran tak jauh beda dengan lini depan, barisan gelandang Timnas Garuda Muda memang dinilai kurang determinasi. Rizky Pellu dan Sakir Sulaeman yang diharapkan bisa menjadi motor di lini tengah ternyata kurang agresif dan ofensif.

Menghadapi Timor Leste, RD juga tetap akan fokus pada pola 4-3-3 dan 4-3-2-1 yang selama ini sudah diterapkannya. “Bagaimanapun, mereka adalah tim bagus. Itu sudah teruji ketika ajang Piala Asia U-22 lalu. Setidaknya ini adalah try out kami sebelum berlaga di luar negeri pertengahan November mendatang,” ucap Rahmad Darmawan, Selasa (29/10/2013).

Sementara dari kubu Timor Leste, pelatih Emerson Dos Santos Alcantara mengaku optimistis bisa mengalahkan Timnas U-23 kali ini.Datang ke Indonesia, pihaknya membawa serta 23 pemain yang sudah dipersiapkannya sejak enam bulan lalu. Dari 23 pemain itu, setidaknya ada beberapa nama yang sudah pernah bertanding melawan skuat Garuda Muda.

Di antaranya adalah Emerson Cesario, Olegario Barreto dan kapten tim Anggisu Barbosa. “Meski hanya uji coba, laga ini adalah laga penting bagi kami. Kami tak akan lewatkan begitu saja laga ini. Semua pemain Indonesia perlu diwaspadai, tapi kami lebih mewaspadai pergerakan Andik Vermansyah,” ujarnya, Selasa (29/10/2013) saat jumpa pers di Hotel Quality, Jogja.

Bagi Rahmad Darmawan, laga uji coba kali ini benar-benar di luar dugaannya. Pasalnya sejak awal ia mempersiapkan timnya untuk menghadapi Timnas Senior Timor Leste.Namun, nyatanya yang akan dihadapi adalah Timnas U-23 Timor Leste. Padahal sepengetahuannya, Timnas Timor Leste tak ikut serta dalam ajang SEA Games Myanmar 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya