SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-19 menjalani latihan. (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Tim Nasional U-19 Indonesia bertekuk lutut di hadapan tim tuan rumah di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia, Selasa (8/9/2020) malam WIB. Timnas U-19 Indonesia kalah telak 1-7 dalam pertandingan kedua Turnamen Persahabatan U-19 Internasional 2020 itu.

Dipantau Kantor Berita Antara dari saluran resmi turnamen di Jakarta, Selasa, satu-satunya gol Indonesia dalam laga tersebut dilesakkan oleh bek kanan Amiruddin Bagas pada menit ke-72. Sementara itu, gol-gol Kroasia dibuat oleh Filip Zrilic (26′), Arijan Brkovic (31′), Marco Boras (44′), Antonio Marin (47′, 73), Bruni Zdunic (66′), dan Ivan Brnic (90′, penalti).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kekalangan Itu menjadi kekalahan kedua Indonesia di Turnamen Persahabatan U-19 Internasional 2020. Sebelumnya, Timnas U-19 Indonesia telah ditundukkan Bulgaria dengan skor 0-3, Sabtu (5/9/2020) lalu. Sedangkan bagi Kroasia, kemenangan itu menjadi yang ketiga secara beruntun yang membuat mereka keluar sebagai juara di turnamen tersebut.

Prototipe Starship SN6 Sukses Meluncur, Misi ke Bulan dan Mars Kian Nyata

Dalam pertandingan melawan Kroasia, manajer pelatih timnas Shin Tae-Yong tetap menerapkan formasi 4-4-2, sama seperti kala bersua Bulgaria. Di awal-awal laga, timnas U-19 sempat tampil menekan lawan.

Sandi Arta Samosir yang mendampingi Witan Sulaeman di sayap tampil cukup baik dan berani menusuk ke pertahanan Kroasia. Umpannya kepada Irfan Jauhari di menit ke-11 bisa saja menjadi gol andai bola sepakan Irfan tidak menerpa mistar gawang.

Namun, setelah itu, Kroasia mengambil alih kendali permainan. Tim yang dilatih Josip Simunic tampil menguasai pertandingan dan membuat tiga gol di babak pertama melalui Filip Zricil (26′), Arijan Brkovic (31′) dan Marco Boras (44′).

BKSDA dan IAR Indonesia Selamatkan Bayi Orang Utan Cedera Kaki

Unggul 3-0, tekanan Kroasia tidak berkurang di babak kedua. Pemain andalan Kroasia yang merumput untuk klub Dinamo Zagreb, Antonio Marin membuat gol di menit ke-47. Kedudukan menjadi 5-0 setelah Bruno Zdunic (66′) mencatatkan namanya di papan skor.

Gol Perdana

Pada menit ke-72, timnas U-19 Indonesia membuat gol perdananya di turnamen melalui kaki bek kanan Amiruddin Bagas yang memanfaatkan umpan bek kiri Pratama Arhan Alif Rifai. Akan tetapi, satu menit kemudian Kroasia memperlebar jarak setelah Marin menciptakan gol keduanya dalam laga tersebut.

Terakhir, sumbangan gol Ivan Brnic (90′) dari titik penalti membuat Kroasia mengunci skor 7-1.

Hadapi Krisis Pangan di Era Pandemi Covid-19, Gali Potensi Talas!

Penalti diberikan wasit setelah Mochammad Supriadi melanggar pemain Kroasia di kotak terlarang. Tindakan Supriadi, yang masuk setelah jeda laga, berujung pada kartu merah hasil dari kartu kuning kedua.

Sementara pada pertandingan lain pada Selasa (8/9), Bulgaria memetik kemenangan keduanya di turnamen setelah menundukkan Arab Saudi dengan skor 3-2.

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Arab Saudi laga terakhir turnamen pada Jumat (11/9).

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya