SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia berlatih pada di Stadion Manahan, Solo, Senin (12/8) sore. Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Philipina pada laga persahabatan yang akan digelar pada Rabu 14 Agustus besok. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO— Pelatih tim nasional Jacksen F. Tiago menegaskan, laga melawan Tim Filipina, Rabu (14/8/2013), di Stadion Manahan bertujuan untuk memperoleh kesempurnaan performa tim. Lebih khusus lagi, Jacksen ingin menguji agresivitas tim Merah Putih.

“Pada pertandingan kontra Filipina kami menjajal seberapa tajam barisan depan. Kami tentu saja haus untuk bisa mencetak gol di kandang lawan. Beberapa partai sebelumnya kami fokus di lini belakang karena lawan yang dihadapi sangat tangguh,” kata Jakcsen di sela latihan di Stadion Manahan, Senin (12/8/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laga kontra Filipina menjadi bagian persiapan Skuat Garuda sebelum bertarung di lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015 kontra China, 15 Oktober mendatang.  Sebelum menjajal China, Timnas juga sempat beruji coba dengan empat lawan tangguh, yaitu Timnas Belanda, Arsenal, Liverpool dan Chelsea. Dalam keempat laga tersebut, Boas Solozza dkk selalu menelan kekalahan, dua di antaranya dengan skor telak.

Filipina memang bukan target utama Timnas Garuda, karena menurut Jacksen, China yang menjadi tujuan laga uji coba. Namun, demi mendapatkan performa tim yang sempurna, Andik Vermansyah cs wajib melewati sederet tantangan sebelum bertemu dengan China.

Andik dkk diguyur materi berat tak hanya fisik tetapi juga teknik. Dibantu asisten pelatih Yeyen Tumena, lini depan menjadi sorotan. Greg Nwokolo, Boaz Solossa, Ferdinand Sinaga, Andik Vermansyah serta Titus Bonai yang menjadi ujung tombak Garuda fokus berlatih taktik serangan dan finishing. Di samping itu, team work juga terus dimatangkan.

Sementara untuk mengisi posisi ban kapten, pelatih Persipura ini dihadapkan pada tiga pilihan yakni, Boaz Solossa, M. Roby atau Ahmad Bustomi. Ketiga pemain ini dinilai sama-sama memiliki kemampuan untuk menjadi jenderal di lapangan hijau. Namun, Jacksen baru akan memutuskannya jelang hari H. Termasuk nama-nama yang bakal masuk skuat inti.

Terbang ke Solo, The Azkals, julukan Timnas Filipina memboyong 21 pemain. Tim besutan Hans Michael ini tercatat belum pernah menang atas Indonesia dalam kompetisi apa pun di level senior.

Para penggawa Timnas Indonesia menjalani latihan perdana secara penuh, Senin (12/8), di Stadion Manahan, dipimpin pelatih Jacksen F. Tiago. Seluruh pemain, minus pemain naturalisasi Stefano Lilipaly yang baru tiba Senin malam, langsung mendapatkan porsi latihan berat pada sesi latihan pagi dan sore.

Menurunnya kebugaran pemain menjadi sorotan Jacksen. Maklum saja penggawa Timnas Garuda baru saja mendapat kesempatan untuk berlibur Lebaran bersama keluarga. Alhasil tim yang dipenuhi sederet bintang lapangan hijau Indonesia seperti Greg Nwokolo, Ferdinand Sinaga, Andik Vermansyah serta Titus Bonai ini tak bisa santai setelah mendarat di Kota Bengawan.

“Sejumlah pemain kondisi fisiknya terlihat menurun. Mungkin karena kemarin libur Lebaran. Oleh karena itu, latihan perdana ini saya langsung memberi tes fisik berat untuk memperbaikinya. Latihan ini ada dua yakni fisik dan teknik, tetapi saya tekankan urusan fisik dulu,” papar Jacksen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya