SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia U-19 mendapatkan pengarahan dari tim pelatih. (PSSI)

Solopos.com, JAKARTA— Timnas Indonesia U-19 siap berlaga menghadapi turnamen sepak bola Toulon Cup di Prancis. Timnas Indonesia U-19 menuntaskan training center (TC) di Stadion Madya Senayan Jakarta yang digelar sejak 16 Mei 2022.

Garuda Nusantara mengakhiri TC dengan menggelar uji coba terakhir melawan Persita Tangerang, Rabu (25/5/2022). Uji coba ini merupakan laga terakhir sebelum berangkat ke Prancis untuk mengikuti turnamen tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laga uji coba tim U-19 melawan Laskar La Viola berjalan sengit, jual beli serangan terjadi hingga akhir babak pertama Garuda Nusantara tertinggal 1-0. Duet pelatih Timnas Indonesia U-19 Dzenan Radoncic dan Bima Sakti mengubah strategi di babak kedua, dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Resa Aditya setelah Hokky Caraka.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Penggawa Timnas Indonesia U-19 saat ini menyiapkan 22 pemain untuk Toulon Cup di Prancis, seusai melaksanakan TC dengan 30 pemain dan mencoret 8 pemain. Radon mengaku sangat puas dengan perkembangan tim U-19 saat ini, baik secara taktikal, passing, kerja sama, dan kekompakan tim.

“Saya pikir kami memainkan permainan yang baik, kami mendominasi permainan, membuat banyak peluang, kita bertahan dengan baik, pressing tinggi, kita menjaga serta mengontrol lawan dengan sangat baik, passing ke ruang-ruang kosong. Ya, saya kira kemarin kami memainkan permainan yang kita inginkan dan baik. Saya sangat-sangat puas akan hal itu. Para pemain mengikuti instruksi yang diberikan pelatih, mereka cepat belajar, ” jelasnya dikutip dari PSSI.

Mengenai kondisi pemain, Radon menyampaikan dalam kondisi yang sangat bagus.

Baca Juga: Dihajar Pohang 1-5, Shin Minta Timnas U-19 Belajar dari Kekalahan

“Mereka dalam kondisi yang sangat bagus. Karena saat saya instruksikan mereka untuk press high mereka melakukannya. Saya kira mereka dalam kondisi yang sangat bagus, bahkan ada yang bermain sepanjang laga. Walau saya memberikan kesempatan semua pemain untuk main. Kami bekerja dengan baik,” tutur Radon dikutip dari PSSI.

Dia juga merasa Timnas Indonesia U-19 ini sedang menuju ke arah sesuai harapan.

“Kita akan menuju kesana [tim yang sesuai harapan saya], mereka tahu apa yang saya inginkan, saya tahu apa yang saya mau. Saya tahu kita nanti akan berhadapan dengan siapa [di Toulon Cup] kita akan bermain melawan tim kuat di sana, tim dengan pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi, tim dengan permainan yang cepat, tim dengan teknik yang baik, saya yakin dan janjikan bahwa tim ini bisa bermain dengan performa yang bagus, dan kita akan bermain dengan baik di Toulon Cup,” jelasnya.

Baca Juga: Timnas U-19 Tundukkan Kyungil 2-1, Begini Reaksi Shin Tae-yong

 

Piala Dunia U-20

Untuk diketahui, dalam laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong melihat langsung perkembangan Timnas Indonesia U-19 yang dipercayakan kepada asisten pelatihnya Dzenan Radoncic dan Bima Sakti.

Shin Tae-yong tidak bisa mendampingi penggawa Garuda Nusantara karena ada agenda FIFA Match Day pada 1 Juni 2022 kontra Bangladesh di Bandung dan kualifikasi Piala Asia dari 8 hingga 14 Juni 2022 mendatang di Kuwait.

Turnamen Toulon 2022 rencananya berlangsung pada 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang. Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Turnamen ini untuk kategori level usia U-17 hingga U-23.

Baca Juga: Performa Timnas U-19 Bikin Pelatih Semringah, Besok Hadapi Daegu FC

Selain untuk Toulon Cup, Timnas Indonesia U-19 ini juga dipersiapkan PSSI jelang menghadapi laga-laga di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya