SOLOPOS.COM - Anggota Tim Sparta Polresta Solo membubarkan kerumunan anak-anak muda nongkrong di Plaza Manahan Solo belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Tim Spesialis Antipekat Rusuh Terorisme dan Anarkisme (Sparta) Sabhara Polresta Solo membubarkan belasan anak-anak muda nongkrong di kawasan Plaza Manahan.

Hal itu sebagai langkah mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kanit Dalmas Polresta Solo Iptu Broto Tri Yulianto mewakili Kasat Sabhara Polresta Solo kepada wartawan, Rabu (10/6/2020), menyampaikan Tim Sparta menyisir beberapa lokasi pemuda nongkrong. Lokasi itu seperti di Jl Adisucipto, Jl Slamet Riyadi, dan Jl Dr Radjiman.

Sidak DPRD Solo Temukan Banyak Anak-Anak di Mal dan Karaoke Masih Buka, Satpol PP Bagaimana Ini?

Ekspedisi Mudik 2024

Hasilnya, di kawasan Plaza Manahan Solo belasan anak-anak muda nongkrong dibubarkan kepolisian. "Belasan pemuda kami imbau tidak berkerumun atau berkumpul untuk sekadar nongkrong. Hal ini sangat rawan terjadi penularan virus corona," papar dia.

Ia menyebut dalam temuan lapangan, mayoritas pemuda itu berasal dari luar Kota Solo. Ada yang menggunakan sepeda motor ada pula yang bersepeda.

Seusai diberi pengarahan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan menjaga jarak, para pemuda itu disuruh pulang.

Data 1.339 Keluarga Penerima Bansos Pangan Pemprov Jateng di Sukoharjo Bermasalah

Sementara itu, Kasat Binmas Polresta Solo AKP Febriyani Aer, mengatakan jajaran Binmas Polresta Solo semakin mengintensifkan berbagai upaya preventif.

Sosialisasi dan Edukasi

Upaya itu seperti sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal itu menyusul Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo terkait teknis pelaksanaan penanganan Covid-19.

Beberapa tempat umum seperti mal dan pasar tradisional menjadi lokasi sasaran sosialisasi Satbinmas Polresta Solo. Termasuk di antaranya anak-anak nongkrong di Plaza Manahan Solo.

Toko Terbakar, Candi Elektronik Solo Pastikan Karyawan Tidak Ada Yang Dirumahkan

"Langkah kami seputar sosialisasi serta imbauan untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti cuci tangan, pakai masker. Lalu komunikasi berjarak minimal satu meter, jangan berkumpul dengan jumlah banyak orang. Kami juga mengimbau anak-anak untuk tidak berpergian keluar rumah bila tidak mendesak," papar dia mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai.

Ia menambahkan sasaran kunjungan kepolisian untuk mendisiplinkan warga menjalankan protokol kesehatan tidak hanya warung kaki lima. Restoran pada umumnya serta lokasi tempat umum seperti terminal, stasiun, dan lokasi perbelanjaan turut jadi sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya