SOLOPOS.COM - Pendaki asal Magelang mendapatkan penanganan medis di Pos Cemoro Kandang setelah mengalami hipotermia di Pos 3 jalur pendakian Gunung Lawu pada Kamis (12/5/2022). (Istimewa/SAR Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang pendaki asal Magelang bernama Ahmad Mufiz, 30, yang mengalami hipotermia di Pos 3 jalur pendakian Gunung Lawu akhirnya berhasil dievakuasi pada Kamis (12/5/2022). Saat dievakuasi, pendaki tersebut selamat namun dalam kondisi lemah.

Tim gabungan SAR, Anak Gunung Lawu (AGL), PMI, dan berbagai komunitas sukarelawan berhasil membawa turun korban. Mereka tiba di Pos Cemoro Kandang Kabupaten Karanganyar sekitar pukul 17.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Komandan Markas SAR Karanganyar, Arif Sukro Yunianto, mengatakan korban dievakuasi dari Pos 3 jalur pendakian Gunung Lawu. Ia ditemukan dalam kondisi lemah dan kedinginan.

“Korban mengalami hipotermia dan kondisinya lemah. Sudah dievakuasi tadi dan tiba di pos Cemoro Kandang sekitar pukul 17.00,” kata dia ketika berbincang Solopos.com.

Baca Juga: Pendaki asal Magelang Alami Hipotermia Di Pos 3 Gunung Lawu

Saat tiba di Pos Cemoro Kandang, pendaki tersebut sudah mampu berjalan dengan tertatih. Meskipun harus dipapah beberapa sukarelawan. Petugas medis di Pos Cemoro Kandang langsung memberikan penobatan begitu korban tiba.

Seperti diberitakan, informasi pendaki mengalami hipotermia di Pos 3 Gunung Lawu diterima Pos Cemoro Kandang pada Kamis siang. “Kami menerima informasi dari pendaki lain jika ada seorang pendaki mengalami hipotermia di Pos 3,” kata anggota AGL Budi Santosa alias Budi Babi.

Budi mengatakan korban naik bersama satu temannya. Pendaki asal Magelang ini mendaki Gunung Lawu pada Rabu (11/5/2022) kemarin. Sesuai rencana dua pendaki asal Magelang ini turun pada Kamis ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya