SOLOPOS.COM - Tim Puslabfor Polda Jateng melakukan olah TKP kebakaran PT Sari Guna Foam di Telukan, Sukoharjo, Jumat (18/9/2020). (Solopos/R. Bony Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jawa Tengah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran pabrik PT Sari Guna Foam di Jl Ciu, Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, Jumat (18/9/2020).

Tim Puslabfor Polda Jawa Tengah melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran yang meludeskan pabrik busa springbed itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Solopos.com, tim Puslabfor Polda Jateng bersama tim Inafis Satreskrim Polres Sukoharjo sampai lokasi pabrik sekitar pukul 10.00 WIB. Tak berapa lama kemudian, tim Puslabfor Polda Jawa Tengah langsung melakukan olah TKP bangunan pabrik yang terbakar.

Pilkada Sukoharjo: Tim Pemenangan Etik-Agus Laporkan Sejumlah Akun Medsos Ke Polisi, Kenapa?

Polisi memasang police line pada pintu masuk bangunan pabrik kawasan Telukan, Sukoharjo, yang mengalami musibah kebakaran pada Kamis (17/9/2020) sore hingga malam itu.

Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Muhammad Alfan Armin, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas, mengatakan masih menunggu hasil penyelidikan tim Puslabfor Polda Jateng.

Korsleting

Dugaan awal, kobaran api yang melalap bangunan pabrik berasal dari hubungan arus pendek atau korsleting listrik yang mengakibatkan percikan api.

“Dugaan awal memang korsleting listrik. Namun, untuk memastikan penyebab utama kebakaran kami masih menunggu hasil olah TKP yang dilakukan tim Puslabfor Polda Jateng,” kata dia, saat ditemui wartawan, Jumat.

Instruksi KPU Wonogiri: Tim Pemenangan Paslon Harus Bentuk Satgas Covid-19!

Alfan belum dapat memperkirakan taksiran kerugian material akibat kebakaran yang meludeskan pabrik busa springbed kawasan Telukan, Sukoharjo, itu. Ia masih menunggu penghitungan kerugian material oleh pemilik pabrik.

Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa lantaran semua karyawan pabrik telah pulang pada pukul 16.00 WIB atau setengah jam sebelum pabrik kebakaran.

Saat kejadian, hanya dua petugas satpam yang berada dalam pabrik. Mereka langsung menghubungi pemadam kebakaran sesaat setelah muncul kepulan asap hitam dari dalam pabrik.

Dampak Kebakaran Pasar Cepogo Boyolali: 41 Kios dan 552 Los Hangus Terbakar

Kebakaran menjalar cukup cepat lantaran bangunan pabrik pada kawasan industri Telukan, Sukoharjo, itu berisi barang yang mudah terbakar seperti busa dan kayu.

Menyedot Perhatian Warga

Kala itu, kepulan asap hitam membubung tinggi yang menyedot perhatian warga setempat dan pengguna jalan. Hanya dalam hitungan menit, kobaran api meludeskan seisi bangunan pabrik.

Saking besarnya kobaran api, mobil watercanon Polres Sukoharjo ikut terjun menjinakkan si jago merah. “Ada belasan unit mobil pemadam kebakaran yang datang untuk memadamkan kobaran api. Mobil damkar itu berasal dari Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Karanganyar dan watercanon Polres Sukoharjo. Kobaran api padam sekitar pukul 21.30 WIB,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono.

Kebakaran Pabrik Telukan Sukoharjo: Banyak Bahan Mudah Terbakar Bikin Api Sulit Padam

Sementara itu, Kepala Desa Telukan, Sriyanto, menyatakan sebagian wilayah Desa Telukan merupakan kawasan industri terutama sepanjang Jl Ciu dan Jl Arak-arak.

Puluhan pabrik berjejer yang berdekatan dengan permukiman penduduk. “Banyak kejadian kebakaran pabrik wilayah Desa Telukan, Sukoharjo. Kami bakal berkoordinasi dengan pengelola pabrik untuk meminimalkan pencegahan kebakaran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya