SOLOPOS.COM - Atlet panahan National Paralympic Committee (NPC), Ari Hartatik (kiri), Khiolidin (tengah), dan Ken Swagumilang, mengikuti pemusatan latihan di lapangan BBRSBD Prof Soeharso, Solo, Senin (7/3//2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tim atlet panahan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) menargetkan membawa pulang dua medali emas dalam ASEAN Para Games (APG) pada Juli tahun ini. Para atlet telah menjalani pemusatan latihan di lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Solo, Jawa Tengah.

Pelatih kepala panahan NPC, Tri Sugeng Purwanto, mengatakan timnya menyiapkan sebanyak tujuh atlet yang mengikuti pemusatan latihan. Tim itu terdiri dari tiga atlet putra dan empat putri. Sedangkan total atlet yang disiapkan untuk APG 2022 sebanyak 16 atlet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini baru tujuh atlet, untuk sisanya akan bergabung April nanti. Harapan kami persiapan bisa maksimal agar bisa merebut dua emas dari 15 nomor yang dipertandingkan,” kata dia dikutip Antara, Jumat (11/3/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tanpa Pemain Asing, West Bandits Solo Kalah Beruntun di IBL

Menurutnya tujuh atlet panahan yang memulai menjalani pemusatan latihan di nomor recurve putra yakni Kholodin dan Daniel Ugo. Sedangkan tim putri yakni Sri Hartati dan Mahda Aulia. Kemudian kelas compound putri yakni Walminah dan Tuwariah. Lalu di kelas compund putra ada Ken Swagumilang.

Pelatih tim panah, Denny, mengatakan peluang untuk meraih dua emas sangat terbuka. Hanya saja persiapan harus dimaksimalkan terutama dalam hal teknik dan mental atlet. Dia menilai atlet nasional mulai menunjukkan peningkatan kemampuan.

Ia menilai atlet Thailand diprediksi bakal menjadi lawan berat atlet Indonesia. Hal itu karena atlet dari Negeri Gajah Putih itu aktif diberbagai kejuaraan internasional mulai Paralimpiade Tokyo bahkan turun penuh dalam kejuaraan di Dubai.

“Di banding Thailand, NPC Indonesia kekurangannya adalah tryout. Tapi kami akan terus menyiapkan tim dengan baik,” kata Denny.

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar Jerman Open 2022, Ada 5 Wakil Indonesia

Sebelumnya, Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun memastikan Kota Solo siap menggelar ASEAN Para Games XI pada Juli mendatang menggantikan Vietnam yang mundur.

NPCI sudah mempersiapkan 200-an atletnya dan saat ini mengusulkan sebanyak 13 cabang olahraga untuk dipertandingkan yaitu atletik, boccia, panahan, judo, angkat berat, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, lawn ball, bulu tangkis, balap sepeda, dan menembak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya