SOLOPOS.COM - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Langkah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang memiliki tim berjumlah 400 orang di luar lembaga negara tersebut mendapat tanggapan dari anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi.

Achsanul Qosasi dalam akun Twitternya, @AchsanulQosasi, menyampaikan bahwa hal ini tengah diperiksa melalui Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini sedang diperiksa BPK-RI, melalui Pemeriksaan PDTT,” tulis Achsanul dalam akun Twitternya, Sabtu (24/9/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Achsanul mengatakan, jika memang product manager dan ketua tim berperan seperti dirjen seperti yang disebutkan Nadiem maka Kemendikbudristek telah menyalahi susunan organisasi tata kerja (SOTK) dan UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Baca Juga: Nadiem Makarim Punya Tim Khusus, Warganet Ingatkan Satgasus Polri

“Jika berperan seperti Dirjen, akan menyalahi SOTK dan UU-ASN, atau mungkin Pak Menteri salah statement saking bangganya sama GovTech-Edu,” kata dia.

Seperti diketahui, Kemendikbudristek menunjuk konsultan yaitu GovTech Edu yang merupakan unit independen di bawah PT Telkom Indonesia.

Tim bayangan tersebut, menurut Mendikbudristek, bukan berasal dari vendor tertentu dan bekerja untuk Kemendikbudristek.

Baca Juga: Kemendikbudristek: Lulusan Kursus Bisa Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Tim ini terdiri atas product manager hingga data scientist bahkan posisi setiap product manager dan ketua tim disebutkan setara dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) di Kementerian.

“Setiap product manager dan ketua tim, posisinya hampir setara dengan Direktorat Jenderal yang beberapa di antaranya hadir di sini,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Nadiem Klaim Punya ‘Tim Bayangan’ yang Ketuanya Setara Dirjen, Langgar Aturan?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya