SOLOPOS.COM - Atlet blind judo Indonesia Rafli Ahnaf S (kanan) mencoba menjatuhkan lawannya asal Vietnam Viet Hung Tran (kiri) pada kelas -73Kg J1 putra ASEAN Para Games 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/8/2022). Rafli Ahnaf berhasil menyumbangkan emas untuk Indonesia. (Antara/Muhammad Adimaja)

Solopoc.com, SOLO – Tim blind judo Indonesia panen medali emas di hari pertama penyelenggarana cabor blind judo di Tirtonadi Convention Hall, Selasa (2/8/2022). Indonesia meraih 3 medali emas dan 2 perak dari empat nomor yang dipertandingkan di hari pertama.

Medali emas blind judo Indonesia disumbangkan Bayu Aji Pangestu di Men’s Individual J2 -60 kg, Shidqirafli Rafli Ahnaf di Individual Men’s J1 -73 kg, Sahrul Sulaiman di Men’s Individual J2 -73 kg dan perak melalui Agung Gondolimo di Men’s Individual J2 -73 kg serta Junaedi di J1 -60 kg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu-satunya medali emas yang terlewat di hari pertama cabor blind judo yakni di Men’s Individual J1 -60 kg oleh Junaedi. Medali emas di kelas ini diraih atlet Thailand Kongsuk Vitoon.

Emas pertama Blind Judo Indonesia disumbangkan Shidigrafli dengan dua kali berlaga menghasil Ippon atas lawan-lawannya. Di pertandingan pertama, Shidqirafli melawan pejudo Thailand, Wongphaet Wittaya.

Ekspedisi Mudik 2024

Shidqirafli tanpa hambatan berhasil mengalahkan Wongphaet dengan Ippon. Sementara di pertandingan kedua, Shidqirafli juga menang Ippon atas pejudo dari Vietnam, Tran Viet Thung.

Atas kemenangan dua kali Ippon tersebut, Shidqirafli berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. Sementara Perak diraih Tran Viet Thung yang berhasil mengalahkan Wongphaet.

Baca Juga: Tim Blind Judo NPC Indonesia Optimistis Raih Emas ASEAN Para Games 2022

Emas kedua Indonesia dihasilkan dari Bayu Aji Pangestu. Di laga pertama, Bayu Aji melawan rekan sesame pelatnas, Herbin Nainggolan. Membutuhkan waktu lebih dari 2 menit, Bayu Aji menaklukkan Herbin dengan Ippon.

Adapun di partai penentuan, persaingan seru terjadi saat Bayu Aji menghadapi Viet Tu Nguyen dari Vietnam. Bayu Aji membutuhkan waktu 16 detik untuk membuat Ipoon atas Nguyen. Sebelumnya Nguyen unggul atas Herbin Nainggolan dengan Ippon.

Emas ketiga Indonesia disumbangkan melalui Sahrul Sulaiman di Men’s Individual J2 -73 kg dan Agung Gondolimo yang meraih perak di kelas yang sama.

Baca Juga: Keputusan Cemerlang Rani Puji Astuti Berbuah Manis di APG

Sahrul Sulaiman tampil perkasa menghadapi Agung Gondolimo dan Padilla Gener dari Filipina. Sahrul mencatatkan dua Ippon saat turun melawan Agung Gondolimo dan Padilla.

Sementara di penentuan medali perak, Agung Gondolimo menuntaskan perlawanan Padilla dengan Ippone hanya dalam waktu dua detik.

Satu-satunya medali emas yang terlewat di kelas J1 -60 kg. Medali emas diraih atlet Thailand Kongsuk Vitoon, lalu perak diraih Junaedi dan perunggu milik Vo Thanh Trieu dari Vietnam.

Baca Juga: ASEAN Para Games Ajari Generasi Muda Pendidikan Karakter dan Berempati

Pelatih Kepala Blind Judo Indonesia, Imam Kuncoro mengatakan pada hari pertama cabor blind judo APG XI 2022 menargetkan tiga medali emas.

“Tiga emas hari pertama sesuai target dari tim blind judo. Cuma komposisinya meleset, yang tidak saya unggulkan malah dapat emas, yang saya unggulkan dapat perak,” terang Imam Kuncoro usai Upacara Penghormatan Pemenang (UPP).

Namun, secara tim target kami tiga emas tercapai di hai pertama tercapai.

Baca Juga: APG 2022: Indonesia Amankan 4 Emas Para Catur, Vietnam Beri Perlawanan

Imam Kuncoro menegaskan, di APG XI 2022 Solo, cabor Blind Judo secara internal tim menargetkan tujuh medali emas. Di hari kedua, Blind Judo akan mempertandingkan empat nomor.

“Insyaallah minim kita meraih tiga emas. Berikutnya ada beregu putra dan putri, juga kami bidik dua emas,” pungkas Imam Kuncoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya