SOLOPOS.COM - Ilustrasi tikus. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO --  Di musim pancaroba ini, banyak sekali berbagai hewan yang mulai keluar dari persembunyian untuk mencari makan dan tempat yang nyaman. Salah satu hewan yang sering menjadi biang kerok di rumah ialah tikus.

Tikus yang dikenal sebagai hewan pembawa penyakit sangatlah meresahkan. Selain bisa membuat penghuni terkena penyakit dari yang dibawa tikus, rumah juga terkesan kotor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keberadaan tikus di rumah sangatlah meresahkan. Selain bisa menyebarkan penyakit, rumah kamu pun akan terkesan jorok dan tidak higienis. Jika kamu sudah berusaha mencoba dengan perangkap, lem tikus, dan racun tikus namun tidak memberikan efek yang signifikan kamu bisa mencoba solusi yang satu ini.

Baca Juga: Inilah Tren Desain Interior 2021 Menurut Para Ahli

Tahukah kamu bahwa beberapa tanaman yang biasa kamu tanam atau kamu temui ternyata bisa berfungsi sebagai pengusir tikus? Kali ini, kami akan membahas tanaman yang bisa menjadi sarana mengusir tikus yang dikutip dari dekoruma.com.

Tanaman Daun Mint
Selain untuk memasak, ternyata daun mint memiliki manfaat lain lho. Yakni sebagai sarana pengusir tikus. Kamu bisa menanam tanaman ini di pekarangan rumah yang menjadi tempat tikus tinggal. Daun mint memiliki aroma kuat yang membuat tikus ataupun hama lain enggan mendekat. Merawat tanaman mint ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyimpannya di area yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Sarana Ampuh Usir Tikus

Tanaman Sage
Tanaman sage ini biasanya berfungsi sebagai tanaman hias. Namun, dibalik keindahannya tanaman ini juga bisa menjadi sarana ampuh dalam mengusir tikus. Tanaman sage memiliki 2 jenis warna yakni warna putih atau hijau yang sama-sama mengeluarkan bau menyengat. Keunggulan tanaman ini adalah bisa ditanam pada semua jenis tanah bahkan bisa dikonsumsi karena bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman Bawang
Tanaman bawang memiliki segudang fungsi. Selain untuk bumbu dapur tanaman ini bisa juga untuk mengusir tikus. Untuk mengusir tikus, kamu menempatkannya di area tanah yang kering dan terkena sinar matahari langsung. Perlu kamu ketahui juga, tanaman bawang ini juga praktis dan juga hemat.

Baca Juga: Begini, Inspirasi Desain Interior dari Warna Hitam Putih

Tanaman Sirsak
Kamu sering menemui tanaman sirsak di sekitar pekarangan? Jika iya, jangan sepelekan fungsi tanaman ini. Selain untuk kesehatan, tanaman ini juga bisa mengusir tikus karena bagian daun yang mampu mengeluarkan bau menyengat. Sobeklah beberapa daun sirsak kemudian sebarkan di berbagai area rumah yang sering menjadi sarang tikus.

Tanaman Lavender
Tanaman yang dikenal sebagai pengusir nyamuk ini ternyata bisa juga mengusir tikus loh. Warna ungu yang cantik dan harumnya aroma tanaman ini bisa menghiasi rumahmu. Untuk mengusir tikus, kamu bisa memakai bagian tangkai dan menyimpannya di berbagai area rumah yang biasa dikunjungi tikus.

Tanaman Bintaro
Pernah mendengar tanaman bintaro? Tanaman bintaro merupakan tanaman dimana memiliki bunga yang harum serta buah yang kandungannya bisa untuk membasmi tikus. Kamu bisa menaruh buah ini di garasi mobil, dapur maupun halaman atau tempat lain yang sering disinggahi tikus. Keenam tanaman tadi bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus selain bisa sebagai penghias ruangan di rumahmu. Selain hemat biaya, perawatannya pun mudah. Jadi, tanaman mana yang akan menjadi pilihanmu dalam mengusir tikus?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya