SOLOPOS.COM - Loket pembelian tiket untuk menonton panggung hiburan Sekaten di Alkid Keraton Solo, Mingggu (18/9/2022) malam. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Event Organizer (EO) Diana Ria Enterprise selaku pelaksana acara Pasar Malam Sekaten di Keraton Solo menanggapi keluhan pengunjung mengenai harga tiket menonton pertunjukan musik di panggung hiburan yang dianggap terlalu mahal.

Seperti ketahui, EO Sekaten Solo mendatangkan sejumlah artis nasional yang sedang hits untuk memeriahkan pasar malam yang berlangsung mulai Jumat (16/9/2022) hingga 16 Oktober 2022 mendatang. Di antaranya ada Denny Caknan, Happy Asmara, Abah Lala, Dara The Virgin, Farel Prayoga, dan lain-lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka akan menghibur penonton dengan jadwal yang berbeda-beda dan harga tiket yang bervariasi pula. Harga tiket juga memperhatikan faktor posisi menonton apakah di lokasi biasa atau VIP. EO menetapkan harga tiket menonton panggung hiburan itu antara Rp20.000-Rp150.000 per orang.

Namun, harga tiket masuk panggung hiburan Sekaten yang berlokasi di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo itu dinilai pengunjung kemahalan untuk acara pasar rakyat. Menanggapi hal tersebut, Penasihat EO Diana Ria Enterprise, Muntohar, mengatakan harga tiket yang dipatok untuk acara panggung hiburan itu relatif cukup murah.

Ekspedisi Mudik 2024

Apalagi EO juga mendatangkan artis nasional yang mestinya harga tiket pertunjukan mereka tidak semurah yang ditawarkan Diana Ria Enterprise. “Artisnya saja sekarang sudah cukup mahal untuk tampil. Tiket yang kami patok sebenarnya relatif cukup murah untuk panggung hiburan,” jelasnya kepada Solopos.com, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Tak Hanya Parkir, Tiket Panggung Hiburan Sekaten Solo juga Dikeluhkan Mahal

Lebih lanjut, Muntohar mencontohkan saat mendatangkan Orkes Melayu (OM) Sera, dengan harga tiket Rp50.000 sangat sebanding dengan artis yang datang, bahkan menurutnya sangat murah.

Sepadan

“Misal kalau kita datangkan OM Sera, tiketnya kami jual Rp50.000, ya angka itu sepadan. Kalau kurang dari itu ya tidak bisa menampilkan artis seperti OM Sera,” jelasnya. Seperti diberitakan, sejumlah penonton mengeluhkan harga tiket menonton panggung hiburan pasar malam Sekaten yang dianggap terlalu mahal.

Salah satu penonton panggung hiburan pasar Malam Sekaten Solo, Lukman, yang ditemui Solopos.com, Sabtu (17/9/2022) malam, mengeluhkan harga tiket Rp25.000 untuk menonton OM Sera berduet dengan Ivan Kendang malam itu.

Baca Juga: Tarif Parkir Motor Pasar Malam Sekaten Solo sampai Rp5.000, Pengunjung Sambat

Menurutnya, Pasar Malam Sekaten adalah hiburan rakyat yang mestinya tidak dipatok dengan harga yang mahal. “Harganya kemahalan kalau suruh bayar Rp25.000, wong ya ini kan acara Pasar Malam dah hiburan rakyat, harganya kalau bisa lebih murah. Mungkin disamakan kalau mau naik wahana di Alut Rp15.000,” ulasnya.

Senada dengan Lukman, Satrio, yang ditemui Solopos.com pada Minggu (18/9/2022) malam mengaku maju mundur antara jadi atau tidak untuk membayar tiket masuk panggung hiburan. Ia sempat berpikir cukup lama di depan loket pembelian tiket panggung hiburan yang menampilkan OM RGS malam itu.

Harga Rp20.000 untuk panggung hiburan Pasar Malam Sekaten Solo, menurutnya, sedikit terlalu mahal. “Sebenernya ya pengin nonton konsernya, mumpung cuacanya ya cerah. Tapi lihat harga tiketnya jadi maju mundur,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya