SOLOPOS.COM - Dua ekor komodo (Veranus komodoensis) di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu (22/9/2019). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/ama.)

Solopos.com, KUPANG — Tiket masuk kawasan wisata Pulau Komodo dan Padar di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rp3,75 juta per orang mulai berlaku 1 Januari 2023.

“Pemerintah Provinsi NTT memberikan dispensasi selama lima bulan ke depan atau tetap berlaku tarif lama masuk Pulau Komodo maupun Pulau Padar. Pemberlakuan tarif baru sebesar Rp3,75 juta mulai berlaku pada 1 Januari 2023,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Zeth Sony Libing, kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Dengan demikian, selama periode Agustus-Desember 2022, wisatawan domestik maupun mancanegara yang masuk ke Pulau Komodo dan Padar berlaku tarif lama. Tiket masuk Pulau Komodo bagi wisatawan domestik Rp75.000 dan Rp150.000 bagi wisatawan mancanegara.

Pemberian dispensasi itu, lanjutnya, merupakan saran Presiden Joko Widodo dan masukan sejumlah tokoh masyarakat maupun tokoh agama di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

“Pemberian dispensasi ini atas saran dan masukan dari berbagai pihak, termasuk arahan bapak Presiden Joko Widodo. Pemerintah NTT tentu tetap memperhatikan masukan dari berbagai pihak, seperti Bapa Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, alim ulama, pendeta, dan tokoh masyarakat di daerah itu,” ujar Zeth.

Baca Juga : Warga NTT Protes Harga Tiket TN Komodo Jadi Rp3,75 Juta, Ini Alasannya

Di sisi lain, Pemerintah NTT akan memanfaatkan waktu selama lima bulan ini untuk mempersiapkan berbagai fasilitas dan infrastruktur dalam kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Kemudian, mengintensifkan sosialisasi kepada berbagai pihak, seperti kalangan gereja, tokoh-tokoh masyarakat, dan pihak lain di kabupaten ujung barat Pulau Flores itu terkait pemberlakuan tiket masuk Pulau Komodo Rp3,75 juta. Tarif baru itu mulai berlaku 1 Januari 2023.

Ia juga menjelaskan wisatawan yang ingin membeli tiket masuk ke Pulau Komodo dan Padar mulai 1 Januari 2023 sudah bisa mendaftar melalui aplikasi INISA milik PT Flobamor.

“Para wisatawan yang ingin melakukan pembelian tiket masuk ke Pulau Komodo dan Padar sudah bisa dilakukan saat ini untuk pelaksanaan kunjungan wisata mulai 1 Januari 2023.”

Baca Juga : Pulau Komodo Bakal Punya Museum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya