Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tiket Masuk ke Telaga Ngebel Ponorogo Naik Rp15.000/Orang, Worth It Ga?

Tiket masuk ke Telaga Ngebel Ponorogo naik menjadi Rp15.000 per orang mulai akhir Juli 2022.
SHARE
Tiket Masuk ke Telaga Ngebel Ponorogo Naik Rp15.000/Orang, Worth It Ga?
SOLOPOS.COM - Tiket masuk Telaga Ngebel naik karena sudah lima tahun tidak ada evaluasi kenaikan retribusi tiket, Jumat (5/8/2022). (Ronaa Nisa’us Sholikhah/Solopos.com)

Solopos.com, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menaikkan harga tiket masuk ke Telaga Ngebel. Saat ini, tarif tiket masuk ke tempat wisata itu Rp15.000 per orang. Padahal sebelumnya tiket masuknya hanya Rp8.000 per orang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, mengatakan kenaikan tiket ini disesuaikan dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 46 tahun 2022 tentang Perubahan Retribusi Rekreasi dan Olahraga.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

‘’Kenaikan ini tentunya sangat berpengaruh pada pemasukan PAD [pendapatan asli daerah],’’ kata Judha saat dikonfirmasi di kantor Disbudparpora, Jumat (5/8/2022).

Judha membeberkan alasan kenaikan retribusi itu lantaran sudah lima tahun tidak ada evaluasi kenaikan tiket. Sedangkan, jika dibandingkan dengan wisata di kota atau kabupaten lainnya, tiket masuk Telaga Ngebel masih tergolong sangat rendah.

Baca Juga: Gua Bedali Ponorogo, Tempat Wingit untuk Bertapa Puluhan Hari

Selain itu, pemkab sedang menyiapkan beberapa fasilitas untuk para pengunjung. Yakni, face off telaga dengan membangun dermaga dan tribun. Selain itu, tahun ini bakal ada water fountain (air mancur).

‘’Ada zona untuk pedagang kaki lima juga nantinya. Pada malam harinya pengunjung bisa menyaksikan show air mancur itu,’’ terangnya.

Kenaikan itu tepat sebelum adanya kegiatan Larungan di Telaga Ngebel untuk memperingati Grebeg Suro. Judha menyebut dalam satu hari saat ada kegiatan Larungan itu total pemasukan PAD mencapai Rp85,5 juta. Hari berikutnya total penjualan tiket senilai Rp42 juta.

Target PAD

Secara akumulasi, target PAD untuk wisata Telaga Ngebel tahun ini senilai Rp2,2 miliar. Sedangkan, sampai saat ini sudah mencapai Rp1,7 miliar. Hanya kurang sekitar Rp500 juta sudah mencapai target PAD.

Baca Juga: Lethok Khas Ngawi, Kuliner dari Tempe Busuk & Jeroan Sapi

‘’Padahal, awal tahun lalu kami sempat menutup Telaga Ngebel lantaran adanya pandemi,’’ jelasnya.

Harga tiket naik apa ada jaminan parkir gratis? Judha menyebut bupati bakal memberlakukan efisiensi terkait penarikan tarif parkir. Sebab, pihak yang mengatur retribusi parkir tentunya dari Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo.

‘’Untuk parkir ini ada aturannya sendiri. Kita bakal menggandeng pihak terkait,’’ pungkasnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode