SOLOPOS.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo berlatih start di samping pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/YU

Solopos.com, LOMBOK — Tiket hari ketiga atau hari terakhir gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah ludes terjual. Sirkuit Mandalika terus bersiap membenahi kekurangan khususnya pada aspal yang menjadi perhatian.

Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir, mengapresiasi animo masyakat karena tiket MotoGP kategori utama bisa terjual habis. Bahkan Dorna Sports memberikan stand tambahan masing-masing 500 tiket untuk fans dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dan Maverick Vinales dari Aprilia Racing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tentu animo ini datang baik secara individu, komunitas, dan koorporasi. Terima kasih atas semua pihak yang terus bekerja keras selama satu pekan terakhir hingga tiket hari ketiga habis,” ujar Erick Thohir kata Erick Thohir dalam konferensi pers terkait Persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 dikutip Antara, Minggu (6/3/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bastianini Ukir Sejarah di Balapan Perdana MotoGP 2022

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika bakal berlangsung selama tiga hari pada 18 Maret hingga 20 Maret 2022 mendatang. Pada hari pertama pembalap menjalani sesi latihan bebas. Kemudian satu hari setelahnya dilanjutkan dengan kualifikasi lalu perlombaan berlangsung pada Minggu (20/3/2022).

Sementara itu, Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), sebagai kontraktor utama pembangunan sirkuit menjelaskan penyebab kerusakan aspal lintasan. General Manager RMI Simon Gardini sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Indonesia, ITDC selaku pemilik sirkuit, MGPA selaku promotor dan semua pihak yang terlibat dalam upaya pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika.

Tes Pramusim

Gardini mengungkapkan sesi tes pramusim pada 11-13 Februari 2022 lalu memberi pelajaran berharga sekaligus kesempatan untuk menguji lintasan sebelum Grand Prix Indonesia. FIM, Dorna, dan ITDC telah mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki menyusul insiden kotornya lintasan karena debu, pasir, dan kerikil yang dikeluhkan oleh para pebalap.

“Bagi kami, melakukan tes itu bagus dan terlihat hasilnya, sekarang kami sedang bekerja tanpa henti membersihkan trek dan runoff,” kata Gardini.

RMI juga melibatkan perusahaan spesialis jalan aspal R3 dalam pembenahan lintasan Sirkuit Mandalika itu. “Saya melihat upaya yang sangat besar dari semua orang di Indonesia, mulai dari Presiden hingga ke petugas yang membersihkan lintasan dengan sapu,” kata dia.

Baca Juga: Misi Marquez di MotoGP 2022: Kembali ke Persaingan Juara!

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan proses pembenahan lintasan telah dimulai setelah sebelumnya alat-alat berat telah didatangkan ke Mandalika. Ia optimistis proses pengaspalan ulang, yang dikerjakan BUMN konstruksi PT PP, akan rampung sesuai target pada 10 Maret 2022 setelah dimulai pada Jumat (4/3/2022).

Selain mengejar pengerjaan lintasan, ITDC selaku pemilik sirkuit juga sedang membangun tribune penonton dari berbagai kelas di sekitar lintasan yang ditargetkan rampung paling lambat 16 Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya