SOLOPOS.COM - Salah satu pelaku skimming VT asal Bulgaria digiring petugas kepolisian di Bandara Hang Nadim (ANTARA/Yude)

Solopos.com, BATAM — Tiga pelaku pencurian data menggunakan alat khusus (skimming) ATM ditangkap aparat Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri). Salah satu pelaku bertubuh berotot bak Rambo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kepri Kombes Pol Teguh Widodo mengatakan tiga pelaku melakukan skimming Bank Riau Kepri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada tiga pelaku, satu warga negara asing (WNA) dari Bulgaria dan dua lagi warga negara Indonesia (WNI),” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kepri Kombes Pol Teguh Widodo di Batam, Senin (23/5/2022).

Ketiganya yaitu VT asal Bulgaria serta JP dan CC (pria dan wanita) yang merupakan warga negara Indonesia.

Baca Juga: Uang Nasabah BCA Rp135 Juta Raib, Ini Tips Terhindar dari Skimming ATM

“Ketiga orang pelaku ini ditangkap di Bali saat hendak menyeberang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari Sabtu (21/5/2022),” kata Teguh seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dari pantauan di Bandara Hang Nadim, ketiga pelaku digiring petugas kepolisian dengan menggunakan pakaian biasa dan tangan diborgol.

Saat keluar dari pintu kedatangan di bandara, mereka langsung digiring petugas ke mobil polisi menuju Polda Kepri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Polresta Banyuwangi Bekuk Komplotan Skimming, Dua Pelaku Masuk DPO

Diberitakan, ketiga pelaku ini ditangkap atas dugaan kasus skimming di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Riau Kepri di beberapa tempat di Kota Batam.

“Pada mesin ATM di kawasan PriMart, Tiban Center, petugas menemukan dua alat skimmer yang diduga sudah ditanam sejak beberapa hari sebelumnya oleh para pelaku. Hasil pemeriksaan ada dua mesin ATM lainnya ikut dipasang alat skimmer, yakni mesin ATM di HBC Plaza, Sekupang, dan mesin ATM di Jodoh Center,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Harry Goldenhardt.

Baca Juga: Polda Jateng Ungkap Identitas WNA Turki Otak Pelaku Skimming ATM

Dari hasil skimming, pelaku berhasil mendapat keuntungan Rp800 juta dari laporan Tim Perwakilan Bank Riau Kepri ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Kepri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya