SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasar tradisional. (freepik)

Solopos.com, JOGJA — Tiga pasar tradisional yang ada di Kota Jogja bakal direvitalisi. Tiga pasar tersebut adalah Pasar Sentul, Pasar Kotagede, dan Pasar Terban.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar, mengatakan pihaknya telah melakukan kajian teknis terkait revitalisasi tiga pasar tradisional tersebut. Namun, untuk waktunya masih menunggu kepastian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Apakah tahun 2023 akan kami lakukan pembangunan, kami masih menunggu juga,” kata Ambar, Senin (30/5/2022).

Dia menyampaikan untuk revitalisasi Pasar Sentul akan menggunakan dana keistimewaan.

Baca Juga: Gadaikan Mobil Sewaan Rp22,5 Juta, Pria Jogja Dibekuk di Bandungan

Untuk Pasar Terban, revitalisasi ini merespons adanya Pusat Desain Industri Nasional (PDIN) yang saat ini sedang dibangun di sekitar pasar tersebut. Revitalisasi diperlukan agar ada keserasian bangunan yang sama-sama baru.

“Memang masih dalam tahap rencana. Karena pandemi, pembangunan belum dapat dilaksanakan,” katanya.

Tidak hanya tiga pasar itu, ke depan juga akan ada pemeriksaan secara menyeluruh gedung Pasar Beringharjo. Sejak dibangun pada 1991, belum ada lagi revitalisasi. Sehingga perlu adanya pemeriksaan apakah ada unsur yang perlu diperbaiki atau sebagainya.

Baca Juga: 1 Pelajar Jogja Meninggal karena Dianiaya, Polisi Periksa Belasan Saksi

“Padahal sudah terdampak gempa dua kali. Sehingga secara struktur harus ada kajian lebih lanjut. Bukan hanya sekadar fasad tapi juga strukturnya. Karena orang yang berkegiatan di sana banyak sekali. Risiko juga tinggi. Kami sudah minta agar ada kajian dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman,” kata Ambar.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tiga Pasar Tradisional di Jogja Akan Direvitalisasi, Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya