SOLOPOS.COM - Sejumlah operator seluler mulai menghapus sinyal 3G (Seluler.id)

Solopos.com, SOLO — Tiga operator seluler yang beroperasi di Indonesia ternyata sudah menghapus layanan 3G. Lantas mulai kapan sinyal 3G dihapus?

Dikutip dari Seluler.id, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengimbau operator seluler Indonesia untuk menghapus jaringan 3G.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun operator seluler yang dimaksud Menkominfo untuk matikan jaringan 3G adalah Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison hingga Smartfren.

Mulai kapan sinyal 3G dihapus dan kenapa diminta dihapus sedangkan 2G belum. Menkominfo memberikan penjelasan, bahwa 2G adalah jaringan untuk komunikasi suara.

Sedangkan 3G untuk komununkasi data ternyata lebih lambat dari 4G. Apalagi menurut Johnny G Plate, jaringan 4G akan menjadi tulang punggung jaringan komunikasi di Indonesia.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Touchscreen Untuk Mahasiswa, Cek Harganya

Lantas mulai kapan sinyal 3G dihapus? Operator seluler Smaertfren justru sudah lebih dulu menghentikan layanan berbasis jaringan 3G.

Bahkan operator seluler yang juga anak usaha dari grup Sinarmas ini telah mematikan seluruh jaringan 3G berbasis CDMA miliknya di Indonesia sejak 2017.

Setelah Smartfren, Telkomsel akan memulai proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten di Indonesia sepanjang tahun 2022.

Dikutip dari Telkomsel.com, Mulai kapan sinyal 3G dihapus, tahap pertama dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2022 yang mencakup 90 titik kota/kabupaten.

Baca juga: Rekomendasi TV Digital Harga Rp1 Jutaan, Tak Perlu Pakai Set Top Box

Kemudian dilanjutkan pada tahap kedua di 132 kota/kabupaten, kemudian tahap ke tiga di 178 kota/kabupaten dan tahap ke empat di 104 kota/kabupaten.

Lantas mulai kapan sinyal 3G dihapus untuk operator seluler XL?. Dikutip dari XL.co.id, proses penataan ulang 3G ke 4G akan dimulai dari Juni 2021 hingga Desember 2022.

Pihak XL mengatakan penataan ulang akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal dilakukan di beberapa kota/kabupaten di Jawa, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sumatera.

Sementara Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui SVP-Head of Corporate Communications IOH Steve Saerang mengungkapkan pihaknya secara bertahap mematikan sinyal 3G di Indonesia, tanpa menyebutkan waktunya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya