[ X ] CLOSE

Tiga Jurus Jitu Naikkan Rating Akun Jualan di Shopee

Jurus jitu tingkatkan penilaian atau rangking di Shopee.
Tiga Jurus Jitu Naikkan Rating Akun Jualan di Shopee
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sukses di Shopee. (Shopee.co.id)

Solopos.com, SOLO – Shopee membuka kantor di Kota Solo dengan harapan mendorong UMKM untuk bangkit dan berkembang melalui E-Commerce. Nah ini saatnya pelaku penjualan apapun, termasuk kuliner, bisa menangkap peluang ini dan memaksimalkan performa usaha.

Sebagian pelaku penjualan kuliner merasa perlu meningkatkan performa usaha dengan memperhatikan rating atau penilaian akun usahanya. “Iya betul. Kami juga punya akun Shopee tapi sepertinya perlu ditingkatkan lagi ratingnya, karena itu berpengaruh untuk makin laris,” kata Ardian Firmansyah, pengelola Nasi Kulit Ayam Nagiiih di Jl RM Said, Solo, yang juga mengandalkan platform Shopee kepada Solopos.com, Jumat (15/102021).

Baca Juga: Teten Masduki Sebut Shopee dan Lazada Komitmen Tutup Impor

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan rating akun Shopee.

Mengutip artikel untuk penjual di shopee.co.id, ada tiga jurus atau tips untuk meningkatkan penilaian produk dan toko. Pertama adalah pemilik akun harus meningkatkan penyelesaian pesanan.

Memiliki tingkat penyelesaian pesanan yang baik akan meminimalisasi kemungkinan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi Pembeli, sehingga meningkatkan peluang penilaian produk yang baik.

Baca Juga: Shopee Solo Buka Loker, Jika Diterima Bakal Dapat Fasilitas Keren Ini?

Ada hal yang perlu dicatat untuk meraih poin ini. Penjual sebaiknya tidak mencantumkan total atau akumulasi stok dengan produk yang dijual di platform lain. Ini bisa dilakukan mulai tahap mengunggah produk di Shopee.

Kenapa demikian? Shopee menghindari terjadinya kasus kehabisan stok jika penjual harus memenuhi pesanan dari platform lain.

Jurus berikutnya adalah meningkatkan daftar dan kualitas produk. Dengan memperbaiki dan memastikan bahwa produk sesuai dengan deskprisi akan membantu meningkatkan penjualan dan kepercayaan dari pembeli baru.

Baca Juga: Cerita Pelaku UMKM Solo Sukses Tembus Pasar Ekspor lewat Kampus Shopee

Kemudian jurus ke tiga adalah memberikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik ini salah satunya adalah memberi respons cepat dan membalas dengan cepat saat pesanan pelanggan datang. Ini disebut juga bakal berpengaruh untuk mendapatkan penilaian dari pelanggan.

Jadi untuk memenuhi hal ini, penjual harus memastikan interaksi berjalan lancar. Jika perlu, penjual memilah fungsi kerja pada toko alias memastikan layanan online berjalan dengan respons cepat.

Respons cepat terhadap chat pembeli bisa memunculkan pengalaman yang menyenangkan. Jawaban yang tepat dengan menyertakan rincian pesanan yang diperlukan juga disebut bisa menambah penilaian pembeli.

Baca Juga: 1.001 Cara UKM Karanganyar Bertahan Hidup Saat Pandemi, Ini Salah Satunya

Lalu bagaimana jika penjual masih menemui ulasan negatif pada akunnya? Dalam hal ini, penjual harus menempatkan pemahaman yang benar. Setiap kritik atau ulasan negatif adalah kontribusi pembeli.

Jadi, tak perlu risih. Anda justru harus memperbaiki poin-poin yang membuat pelanggan kurang nyaman. Nah, jika masih menemui performa penjualan yang kurang memuaskan, pemilik akun atau penjual bisa mengakses fitur Bisnis Saya pada halaman analisis.

Jika Pembeli belum memberikan penilaian, anda dapat mencoba menghubungi pembeli untuk meminta penilaian. Akan tetapi, mohon diingat kembali bahwa pemberian penilaian di Shopee tidak bersifat wajib.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago