Tiga Desa di Boyolali Pilih Kepala Desa Secara Musyawarah Mufakat
Solopos.com|soloraya

Tiga Desa di Boyolali Pilih Kepala Desa Secara Musyawarah Mufakat

Tiga desa dari sembilan desa penyelenggara pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu di Kabupaten Boyolali memilih kepala desa secara musyawarah, Rabu (21/4/2021).

Solopos.com, BOYOLALI -- Tiga desa dari sembilan desa penyelenggara pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu di Kabupaten Boyolali memilih kepala desa secara musyawarah, Rabu (21/4/2021). Ketiga desa tersebut adalah Desa Glintang, Desa Pelem dan Desa Ketoyan.

Desa Glintang berada di Kecamatan Sambi. Kemudian Desa Pelem adalah salah satu desa di Kecamatan Simo. Sedangkan Desa Ketoyan berada di Kecamatan Wonosegoro.

Camat Simo, Waluyo Jati, mengatakan di Kecamatan Simo terdapat tiga Desa yang hari itu, Rabu, menggelar pemilihan kepala desa PAW. Di antaranya adalah Desa Pelem, Desa Teter dan Desa Wates.

Baca Juga: BMW Luncurkan F 900 R Force Edisi Terbatas Seharga Rp171 Juta

"Pilkades PAW Pelem selesai melalui musyawarah mufakat. Total ada 75 dewan pemilih, yang tidak hadir dua orang, yang hadir 73 orang," kata dia kepada Solopos.com, Rabu.

Ada dua calon yang mendaftar dalam pemilihan tersebut, yakni Sutarto dan Titania Hana Puspita. Kemudian dalam musyawarah, calon atas nama Sutarto muncul sebagai calon kepala desa terpilih secara mufakat.

Sedangkan untuk Desa Teter, dengan 65 dewan pemilih, memilih kepala desa dengan pemungutan suara. Dari dua kandidat, yakni Joko Sulistyanto dan Maryanto. Kemudian terpilih Maryanto dengan perolehan 38 suara. Untuk pemungutan suara di Desa Wates memilih tiga kandidat yakni Eko Prasetyo, Anjar Graha Jati dan Muhammad Fakhurozaq. Pada pemungutan suara itu, Eko Prasetyo meraih suara terbanyak, yakni 40 suara dari 73 peserta musyawarah desa.

Waluyo mengatakan pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan baik, lancar dan aman. Pelaksanaan kegiatan juga dilakikan dengan memperhatikan protokol kesehatan.
Camat Sambi, Purnawan Raharjo, juga mengatakan satu-satunya desa penyelenggara pemilihan kepala desa PAW di Kecamatan Sambi, yaitu Desa Glintang juga memilih kepala desa secara musyawarah mufakat.

"Sudah terpilih secara aklamasi, dari 61 dewan pengawas yang ikut dalam musyawarah," kata dia.

Sementara itu Kabid Bina Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Candra Irawan, menyampaikan selain Pelem dan Glintang, ada satu lagi desa yang memilih kepala desa PAW secara musyawarah mufakat. Desa tersebut adalah Desa Ketoyan di Kecamatan Wonosegoro.

Dengan begitu dari sembilan desa penyelenggara pemilihan kepala desa PAW, ada tiga yang memilih secara mufakat dan sisanya dengan pemungutan suara.

Baca Juga: BNN Bongkar 5 Kasus Peredaran Narkoba, 212 Kg Sabu-Sabu Disita

Diketahui, sembilan desa tersebut di antaranya adalah Desa Teter, Desa Wates dan Desa Pelem untuk Kecamatan Simo; Desa Selo, Kecamatan Selo; Desa Lampar, Kecamatan Tamansari; Desa Glintang, Kecamatan Sambi; Desa Ketoyan, Kecamatan Wonosegoro; Desa Tegalsari, Kecamatan Karanggede dan Desa Pakel, Kecamatan Andong.

Sebelumnya, Kepala Dispermasdes Boyolali, Purwanto, mengatakan kepala desa PAW nantinya hanya menyelesaikan sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago