Tiga Dekade Yakult Membersamai dan Memberi Arti

Penjualan Yakult saat ini mencapai tujuh juta per hari. Jumlah itu terus meningkat di masa pandemi.
Tiga Dekade Yakult Membersamai dan Memberi Arti
SOLOPOS.COM - PT Yakult Indonesia Persada merayakan ulang tahun ke-30 pada Sabtu (27/11/2021).

Solopos.com, SOLO — PT Yakult Indonesia Persada merayakan ulang tahun ke-30 pada Sabtu (27/11/2021). Bagian dari grup Yakult Honsha yang berpusat di Jepang ini biasanya melakukan perayaan setiap lima tahun sekali. Anniversary terakhir yakni pada 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) mengundang lebih dari 1.000 orang.

Tanpa mengurangi kesakralan, perayaan tiga dekade PT Yakult Indonesia diadakan secara virtual di tengah pandemi Covid-19. Mengusung tema Berterima Kasih 30 Tahun Bersama Yakult, perusahaan ingin mengapresiasi semua karyawan, Yakult Lady, serta keluarga pelanggan yang membuat bertahan sampai hari ini.

Selama pandemi, Yakult, menerapan protokol kesehatan (prokes) ketat baik bagi karyawan maupun mitra lapangan. Mereka disiplin menerapkan prinsip jaga jarak minimal satu meter, mengenakan sarung tangan dan face shield, serta edukasi pentingnya menghindari Covid-19.

Transformasi kegiatan perusahaan juga masih dilakukan dilangsungkan agar peran menyampaikan manfaat ke lebih banyak orang bisa terus terjaga. Salah satunya lewat kegiatan Film Showing dan Kunjungan Pabrik yang diubah menjadi virtual.

Pada periode September 2020 – September 2021, Film Showing diikuti 161.170 orang. Kunjungan pabrik periode November 2020-September 2021 diikuti 65.441 orang. Seiring dengan sejumlah pelonggaran, Film Showing diadakan offline di kawasan berstatus zona hijau. Sejak Januari – September 2021, peserta Film Showing reguler tercatat 249.914 orang. Sementara Film Showing mobil di periode yang sama sudah diikuti 183.146 orang.

Kontribusi Masyarakat

 

Penyaluran donasi dari Yakult untuk tenaga kesehatan.

Yakult terus berkontribusi mewujudkan hidup bersih dan sehat (PHBS) lewat sejumlah program lain. Misalnya membuat Kuliah WhatsApp (Kulwap) untuk masyarakat. Selama pandemi, masyarakat dibekali pengetahuan soal kesehatan, terutama pencegahan Covid-19.

Selanjutnya, Yakult juga membantu tenaga medis di klinik, puskesmas, dan rumah sakit sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Terhitung sejak Maret 2020 hingga Oktober 2021, terdapat 1.487 klinik, puskesmas, dan rumah sakit yang dibantu lebih dari empat juta botol Yakult.

Perusahaan turut berkontribusi menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok dengan memberikan vaksinasi gratis kepada karyawan. Hingga Oktober 2021, sebanyak 86% karyawan Yakult Indonesia telah memperoleh suntikan vaksin.

Perusahaan juga mendorong para mitra seperti Ibu-ibu Yakult Lady segera melakukan vaksinasi, serta membagikan Yakult gratis kepada para tenaga medis dan masyarakat di sejumlah sentra vaksin.

Sebelum pandemi, Yakult juga mengadakan sejumlah kegiatan menyebarkan informasi kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya seminar kesehatan di Center atau Kantor Cabang Yakult. Tema yang diangkat beragam mulai dari PHBS, pencegahan kolesterol, dan lainnya. Kegiatan edukasi tersebut selaras dengan filosofi Dr. Minoru Shirota atau Shirotaism yaitu mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jelang perayaan 30 tahun ini, Yakult Indonesia bekerja sama dengan organisasi nirlaba yakni Lovepink mengampanyekan deteksi dini kanker payudara. Bentuk kegiatannya berupa webinar dengan peserta 28.857 orang pada September – Oktober 2021. Peserta terdiri dari karyawan dan keluarga, ibu-ibu Yakult Lady, serta pelanggan.

Yakult juga berkontribusi dalam menjaga alam dengan penanaman pohon massal dan pembuatan sumur biopori setiap tahun. Penanaman 35.000 bibit pohon diadakan di kawasan pabrik Yakult yakni lereng Gunung Halimun Salak, Sukabumi, dan Gunung Penanggungan, Mojokerto, sejak 2015 – 2020 dilakukan. Mereka menggandeng lembaga swadaya masyarakat (LSM) setempat seperti Lembaga Alam Lestari Indonesia (LALI) di Sukabumi dan Pawitra Airlangga Sakta (PAS) – Lestari di Mojokerto.

Penanaman pohon yang diinisiasi Yakult.

Usaha menjaga kelestarian alam lainnya adalah uji coba penarikan sampah plastik pembungkus Yakult di tiga kantor cabang yakni Bogor 1, Bogor 2, dan Sukabumi. Penarikan ini dilakukan oleh ibu-ibu Yakult Lady dan Sales Force sembari mengantarkan Yakult. Plastik yang membungkusi setiap pack Yakult akan dikumpulkan dan dibawa ke pusat daur ulang.

Menapaki usia ke-30 Yakult Indonesia berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Seperti yang diajarkan sang pendiri, Dr. Minoru Shirota, Yakult dijual dengan harga terjangkau agar masyarakat mampu mendapatkan manfaatnya. Tujuan inilah yang senantiasa dituju sebagai minuman keluarga sehat Indonesia.

Perayaan HUT Diikuti 1.000 Orang

Sementara, perayaan ulang tahun pada Sabtu (27/11/2021) siang berlangsung meriah. Diikuti hampir seribuan orang dari karyawan, ibu-ibu Yakult Lady, jajaran direksi, serta tamu undangan. Acara dibuka dengan sambutan Direktur International Business Department Yakult Indonesia, Susumu Hirano, serta Konsultan di bidang International Business Yakult Honsha, Yoshihiro Kawabata.

Setelah itu, panitia memutar video ucapan selamat dari para karyawan dan perwakilan perusahaan Yakult dari negara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sebagai hiburan, panitia menghadirkan Rara Liga Dangdut Indonesia dan penyanyi Yuni Shara.

Jajaran direksi PT Yakult Indonesia Persada menggelar jumpa pers selesai perayaan ulang tahun virtual, Sabtu sore. Acara temu media tersebut dihadiri President Director PT Yakult Indonesia Persada – Hiroshi Kawaguchi, Director PR Science Dept PT Yakult Indonesia Persada – Jimmy Hariantono, serta Senior Director MCC Dept PT Yakult Indonesia Persada – Antonius Nababan.

PT Yakult Indonesia Persada merayakan ulang tahun ke-30 pada Sabtu (27/11/2021).

Hiroshi Kawaguchi mengatakan penjualan Yakult saat ini mencapai tujuh juta per hari. Jumlah itu terus meningkat di masa pandemi. Hal itu berkat kerja keras para karyawan serta lady Yakult yang menjadi garda terdepan perusahaan. Ia kemudian mengapresiasi serta mengucap terima kasih kerja keras semua pihak hingga bisa bertahan sampai usia ke-30.

Antonius Nababan menambahkan penjualan yang mencapai tujuh juta per hari merupakan pencapain positif. Hal itu juga menggambarkan keberhasilan mereka dari sisi organisasi. Mengingat semakin banyak penjualan, berarti semakin banyak ibu-ibu Yakult Lady yang mereka libatkan. Itu juga mengartikan bahwa Yakult turut berkontribusi memberikan pelatihan dan membuka peluang pekerjaan bagi para perempuan dewasa.

Ke depan, mereka terus memberikan kontribusi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Yakult ingin semakin banyak masyarakat Indonesia yang menerapkan pola hidup sehat. Dimulai dari peduli pada pencernaan dengan minum Yakult tiap hari.

Antonius juga menegaskan pihaknya tak khawatir dengan persaingan bisnis yang ada. Perusahaan dengan produk sejenis mungkin bakal bermunculan.

Namun, ia menjamin produk yang memiliki dasar penelitian bisa diterima di masyarakat seluruh dunia hanyalah Yakult. Produknya mengandung bakteri baik yang diamini hampir 40 juta lebih pelanggan di 40 negara.

“Produk lain mungkin ada. Tapi enggak spesifik seperti Yakult. Kami selalu memberikan produk yang segar setiap harinya. Kami juga menekankan kepada para ibu-ibu Yakult Lady untuk enggak hanya menjual, tetapi juga menciptakan kesadaran kesehatan bagi para pelanggan. Angka 30 ini bukan akhir segalanya, semoga kami bertahan di angka 60 90 dan selanjutnya,” harap Antonius.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago