SOLOPOS.COM - Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi. (Tangkapan layar)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan temuan kasus hepatitis akut misterius di Indonesia menyebabkan 3 anak di bawah usia enam tahun meninggal dunia di DKI Jakarta.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan awal mula kasus hepatitis akut misterius ditemukan di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak tiga pasien anak rujukan dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat itu dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat di RS Dr. Ciptomangunkusumo.

Ketiga pasien tersebut diduga menderita hepatitis misterius yang belum diketahui penyebabnya hingga meninggal dunia.

Nadia menyebutkan tiga anak yang meninggal tersebut berusia di bawah enam tahun dan belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca Juga : Waspadai Penyakit Hepatitis Akut Misterius, Ini Gejalanya

“Ini usia di bawah enam tahun, jadi belum dapat vaksin,” kata Nadia, Selasa (3/5/2022).

Nadia juga menegaskan tiga anak tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Selain itu, mereka tinggal di tempat berbeda dan bukan di daerah kumuh.

Perihal indikasi penularannya, Nadia menyebutkan pihaknya tengah melakukan penyelidikan. “Ini masih di PE [penyelidikan epidemiologi],” ujarnya.

Penyelidikan epidemiologi merupakan penyelidikan yang dilakukan untuk mengenal sifat-sifat penyebab, sumber, cara penularan, dan faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya wabah penyakit.

Baca Juga : Waduh! Tiga Anak Indonesia Meninggal Karena Hepatitis Akut Misterius

Nadia mengimbau masyarakat untuk memeriksakan anak ke fasilitas layanan kesehatan terdekat apabila timbul gejala.

Sejumlah gejala hepatitis misterius, antara lain kuning, demam, mual, muntah, dan diare. Nadia juga mengungkapkan ada sejumlah tahap yang wajib dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan.

“Pertama, memastikan makanan dalam keadaaan matang dan bersih. Kedua, tidak memakai alat makan bersamaan. Kemudian, rajin mencuci tangan dan menghindari kontak dengan orang sakit.”

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kemenkes: 3 Pasien Hepatitis Akut yang Meninggal Berusia di Bawah 6 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya