SOLOPOS.COM - Akupunktur Medik (rs-jih.co.id)

Solopos.com, SOLO — Akupunktur atau sering disebut ,tusuk jarum, adalah metode pengobatan dengan merangsang titik-titik akupunktur di permukaan tubuh untuk tujuan pemeliharaan kesehatan, pencegahan, pengobatan dan pemulihan penyakit.

Bagian tubuh yang biasanya di-akupunktur adalah kulit kepala, daun telinga, wajah, daerah batang tubuh, anggota gerak atas dan bawah.

Akupunktur akan memberikan efek tertentu pada titik akupunktur dan bagian tubuh lain yang saling berhubungan melalui saraf tulang belakang hingga otak untuk mencapai homeostasis. Yaitu keseimbangan sistem metabolisme tubuh.

Dilansir rs-jih.co.id, selain berperan pada program pelangsingan tubuh dan upaya kecantikan ternyata manfaat akupunktur sangatlah luas. Akupunktur dapat meredakan berbagai nyeri diantaranya nyeri haid, nyeri wajah, migren, hingga nyeri bekas infeksi herpes.

Baca juga: Fisioterapi, Hindarkan Risiko Cacat Fisik Akibat Cidera dan Penyakit

Selain itu juga dapat mengatasi kelumpuhan wajah satu sisi (Bell’s palsy) ataupun kelumpuhan karena stroke. Meredakan gangguan fungsi saluran cerna atas, gangguan fungsi organ reproduksi dan seksual.

Juga seperti asma (bengek), eksim, pilek akibat alergi dan biduran, mengurangi ketergantungan terhadap alkohol, obat psikotropika dan rokok. Termasuk metabolisme tubuh seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol darah tinggi, dan asam urat tinggi.

Seiring berkembangnya ilmu kedokteran dan banyaknya riset ilmiah maka ada metode pengobatan akupunktur medik. Yakni penyatuan ilmu akupunktur tradisional dengan ilmu biomedik kontemporer. Tahun 1991 Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyetujui akupunktur untuk diterapkan sebagai metode pengobatan dalam sistem kesehatan.

Dalam akupunktur medik, pemilihan titik akupunktur dilakukan oleh dokter berkompeten sesuai kebutuhan, berdasarkan efek yang diinginkan dengan mempertimbangkan berbagai faktor risiko.

Jarum yang digunakan adalah jarum khusus yang dinamakan, akupunktur manual dan dapat juga jarum yang telah ditusukkan dialirii listrik tegangan rendah dari alat elektrosimulator yang dinamakan, elektroakupunktur.

Keuntungan Akupunktur Medik

Keuntungan dari akupunktur adalah pasien terbebas dari efek samping obat karena akupunktur tidak menggunakan obat-obatan dan efek terapi yang diinginkan dapat bertahan lama.

Apabila digunakan bersamaan dengan obat-obat lain maka dapat meredakan efek samping obat tersebut. Bahkan kerja obat bisa lebih efektif dan efisien, serta dapat mengurangi angka kekambuhan penyakit.

Akupunktur medik aman karena dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medik berpengalaman. Selain itu jarum yang digunakan ukurannya sangat kecil (hanya seperempat diameter jarum jahit), jarum steril, sekali pakai langsung buang serta efek samping yang minimal.

Baca juga: Ini Pentingnya Mendeteksi Gangguan Pendengaran pada Bayi Sejak Dini

Mengenai efek samping, yang paling ringan yaitu kulit membiru di bekas tusukan karena ada pembuluh darah kecil yang pecah. Kendati demikian tidak semua bekas tusukan akan membiru, sebagai contoh jika ada 10 titik akupunktur yang ditusuk maka yang berdarah hanya maksimal 1 sampai 2 titik saja atau bahakan tidak sama sekali. Nyeri atau rasa tidak nyaman di sekitar daerah penusukan segera reda.

Sedangkan efek samping yang serius dapat terjadi jika akupunktur medik dilakukan oleh mereka yang tidak berkompeten. Untuk mencapai hasil pengobatan yang optimal maka akupunktur umumnya dilakukan 1 seri yang terdiri dari 12 kali terapi dengan jadwal terapi 2 kali per pekan.

Anda bisa mendapatkan layanan ini di Poli Akupunktur Medik RS JIH Solo. Untuk mendapat layanan ini di RS JIH Solo di Jl. Adi Sucipto No. 118 Jajar, Solo, Anda bisa menghubungi telepon (0271) 7469100 atau WhatsApp 081911500805.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya