SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jawa Timur (Jatim). (wikipedia.org)

Solopos.com, SEMARANG — Wacana pemekaran wilayah tidak hanya terjadi di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Isu tentang pemekaran wilayah juga terjadi di provinsi lain di Pulau Jawa, salah satunya yakni Jawa Timur (Jatim). Sama halnya dengan Jateng, di Jatim juga ada tiga wilayah yang diusulkan menjadi provinsi baru.

Pemekaran wilayah di Pulau Jawa saat ini memang menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Hal ini tak terlepas dari beredarnya video yang diunggah kanal Youtube bernama Data. Dalam unggahannya itu, kanal Youtube Data membahas sembilan provinsi baru yang diusulkan sebagai pemekaran wilayah di Pulau Jawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari sembilan provinsi baru itu, tiga di antaranya berada di wilayah Jawa Timur. Berikut tiga wilayah di Jawa Timur atau Jatim yang diusulkan pemekaran wilayah menjadi provinsi baru.

Baca juga: Ini 3 Wilayah di Jateng yang Diusulkan Jadi Provinsi Baru

Ekspedisi Mudik 2024

1. Provinsi Mataraman

Provinsi Mataraman merupakan usulan pemekaran wilayah dari Provinsi Jatim. Provinsi Mataraman meliputi Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar dan Kota Blitar.
Sementara untuk usulan ibu kota Provinsi Mataraman terletak di Kota Kediri.

2. Provinsi Madura

Provinsi Madura juga diusulkan dari pemekaran di wilayah Provinsi Jatim. Provinsi Madura meliputi daerah-daerah yang berada di Pulau Madura seperti Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, dan Kota Pamekasan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Pamekasan.
Untuk ibu kota provinsi ini berada di Kota Pamekasan.

Baca juga: Bupati Kudus Beri Respons Positif Wacana Provinsi Muria Raya

3. Provinsi Blambangan

Provinsi Blambangan juga merupakan usulan pemekaran wilayah dari Provinsi Jawa Timur (Jatim). Provinsi ini terletak di ujung timur wilayah Jatim.
Kabupaten/kota yang berada di Provinsi Blambangan meliputi Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Purbolingga, Kota Purbolinggo.

Sementara, ibu kota Provinsi Blambangan akan terletak di Kabupaten Jember.

Itulah tiga provinsi baru yang diusulkan dari hasil pemekaran wilayah di Jatim. Meski demikian, usulan ini masih sebatas wacana menyusul masih adanya kebijakan moratorium pemekaran wilayah dari pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya