SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dikabarkan telah pulang ke Kota Solo, Sabtu (11/6/2022), usai melakukan kunjungan di Paris, Prancis, Sejak Minggu (5/6/2022).

Informasi tersebut disampaikan Wawali Solo, Teguh Prakosa, saat memberikan sambutan dalam acara Literasi Keuangan bagi UMKM Solo serta Penyerahan Asuransi Mikro Simas Perlindungan, Sabtu pukul 09.30 WIB di Pendapi Gede Kompleks Balai Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun menurut Teguh, dikarenakan baru saja mendarat di Solo, Gibran belum bisa datang dalam acara Literasi Keuangan bagi UMKM Solo serta Penyerahan Asuransi Mikro Simas Perlindungan. Untuk itu, Teguh yang datang dan memberikan sambutan.

Penuturan senada dia sampaikan saat diwawancara wartawan usai acara. Menurut dia Gibran memang sudah tiba di Solo. “Sudah, sudah sampai Solo. Belum bisa hadir pagi ini karena surat pendelegasian itu sampai hari ini masih berjalan,” ujar dia.

Tapi Teguh meyakini Gibran akan datang saat pembukaan Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo pada Sabtu sekira pukul 15.00 WIB. “Saya yakin nanti sepak bola datang. Pembukaan [Piala Presiden] nanti saya kira [Gibran] sudah ada,” sambung dia.

Baca juga: Berada di Prancis, Gibran Cerita Filosofi Batik Solo

Sedangkan untuk Gibran mulai aktif kembali berkantor sebagai Wali Kota Solo di Balai Kota Solo, menurut Teguh pada Senin (13/6/2022) mendatang. Bila Gibran sudah ngantor kembali, Teguh berencana melaporkan apa saja yang sudah ditugaskan lima hari ini.

“[Gibran] Mulai aktif ngantor nanti hari Senin. Nah, harapan kami, kami tinggal melaporkan saja apa yang sudah ditugaskan kepada kami, saya laporkan selama sepekan ini,” urai dia. Menurut Teguh status Pelaksana Harian (PLH) Wali Kota Solo sudah berakhir.

Sehingga dia menjadi Plh Wali Kota Solo hanya lima hari, mulai Senin dan berakhir Jumat. “Ya hari ini sudah berakhir mas, sudah berakhir. Hari kerjanya kan sampai Jumat. Hari Ini kan tugas biasa, mewakili Mas Wali Kota, saya sebagai Wawali,” terang dia.

Baca juga: Cetak 2 Gol, Wali Kota Gibran Bawa Tim Juarai Trofeo Match 2022

Seperti diketahui Gibran berada di Paris untuk memimpin pameran produk UMKM dan budaya Solo di Le BHV Marais, Paris. Ada ratusan produk UMKM Solo yang dipamerkan di lokasi itu hingga sebulan ke depan, di antaranya kain batik buatan Kota Solo.

Pembukaan pameran itu dilakukan pada Rabu (8/6/2022) dengan pidato dari Gibran yang menggunakan bahasa Inggris. Setelah itu Gibran memukul gong sebanyak lima kali sebagai tanda dimulainya pameran. Ratusan warga di Paris menyaksikan perhelatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya