SOLOPOS.COM - Menlu Retno Marsudi memaparkan perkembangan RS Indonesia untuk warga Rohingya di Myanmar. (http://www.kemlu.go.id)

Menlu Retno Marsudi langsung membahas perkembangan pembangunan RS Indonesia untuk warga Rohingya di Rakhine.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, bersama Duta Besar RI di Yangoon dan delegasi, telah tiba di Naypyitaw, Myanmar, pada pukul 09.00 waktu setempat Senin (4/9/2017). Tak hanya membahas soal konflik, Retno langsung membahas rumah sakit Indonesia untuk warga Rohingya.

Dikutip Solopos.com dari rilis di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, selain bertemu State Counsellor Myanmar, Daw Aung San Suu Kyi, Menlu Retno akan melakukan serangkaian pertemuan dengan Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar, Menlu Myanmar, dan sejumlah menteri serta pejabat Myanmar lainnya. Setiba di Naypyidaw, Menlu Retno membahas kemajuan proses pembangunan Rumah Sakit Indonesia yang terletak di Myauk U, Rakhine State.

“Pembangunan tahap pertama Rumah Sakit Indonesia telah selesai dilakukan. Tahap Pertama ini meliputi pengurukan tanah sehingga rumah sakit tersebut tidak rentan terhadap banjir serta pembangunan pagar,” kata Retno.

Pembangunan Rumah Sakit Indonesia saat ini masuk ke tahap II, yaitu pembangunan ruang dokter dan perawat. Rencananya pembangunan tahap II ini akan selesai dalam dua bulan. Setelah itu, pembangunan tahap III berupa pembangunan gedung utama rumah sakit akan dimulai. Bangunan Rumah Sakit ini menempati tanah sekitar 8.000 m2 dengan luas bangunan lebih dari 1.000 m2.

Pelaksanaan pembangunan rumah sakit sepenuhnya dilakukan oleh kontraktor dan pekerja Myanmar, yang terdiri dari orang Rakhine dan Muslim. Proses pembaruan melalui kegiatan ekonomi ini diharapkan akan membantu proses rekonsiliasi ketegangan antar komunal yang terdiri di Rakhine State.

Pembangunan Rumah Sakit Indonesia ini sangat diharapkan oleh masyarakat di wilayah Rakhine. Diharapkan dengan selesainya pembangunan rumah sakit tersebut, maka pelayanan kesehatan untuk semua masyarakat di Rakhine State akan dapat dilakukan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya