Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi

Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.
SHARE
Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi
SOLOPOS.COM - Pengunjung memilih baju saat Thrifting Festival yang diselenggarakan Java Thrifting Day di Solo Grand Mall, Jumat (25/3/2022). (Dokumen Solopos.com)

Solopos.com, SOLO –   Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membakar baju bekas impor senilai Rp9 miliar hasil pengawasan selama Juni 2022-Agustus 2022. Sebenarnya Indonesia sudah cukup lama menjadi pasar baju bekas impor dengan nilai puluhan miliar rupiah per tahun. Ulasan lengkap bisa dibaca di Thrifting Baju Bekas, Antara Ancaman Kesehatan dan Mencintai Bumi.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Industri game seluler secara global dilaporkan mampu menghasilkan pendapatan sekitar $93,2 miliar pada 2021. Angka itu jauh lebih tinggi dari gabungan pendapatan industri film dan musik yang hanya mencapai $78,46 miliar di tahun yang sama. Newzoo melaporkan China memimpin pasar game dengan meraih perkiraan pendapatan tertinggi, US$50,18 miliar.

Amerika Serikat menyusul di posisi kedua dengan perkiraan pendapatan dari game US$47,62 miliar, disusul Jepang (US$22,01 miliar), Korea Selatan (US$8,48 miliar), Jerman (US$6,84 miliar), Britania Raya (US$5,73 miliar), Prancis (US$4,27 miliar), Kanada (US$3,64 miliar), Italia (US$3,12 miliar) dan Brasil (US$2,69 miliar). Data lengkap bisa dibaca di Pendapatan Industri Game 2021 Lebihi Pendapatan Industri Film dan Musik.

Tujuh mata air di kawasan wisata Sapta Tirta Pablengan di Gubung Kawu yang masuk wilayah Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah memilki kandungan komponen air laut yang cukup dominan.

Air tersebut berasal dari pelarutan mineral evaporasi, sedangkan panasnya air dimungkinkan berhubungan dengan proses magmatisme Gunung Lawu. Pendapat tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2014 lalu. Uraian lengkap tersaji di Air Laut di Tujuh Mata Air Pablengan Lereng Gunung Lawu.

Pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara yang diklaim terbesar di dunia menunjukkan keseriusan Indonesia mencapai target net zero emission atau nol emisi karbon/bebas karbon pada 2060.

Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia bisa mengoptimalkan sumber energi bersih untuk bersaing di kancah internasional, salah satunya melalui pengembangan Kawasan Industri Hijau. Salah satu emiten yang memanfaatkan Kawasan Industri Hijau tersebut adalah perusahaan milik Garibaldi “Boy” Thohir, PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR). Penjelasan lengkap bisa dibaca di Green Industrial Park Tandai Keseriusan Indonesia Capai Nol Emisi 2060.

Pembahasan semua topik di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode