SOLOPOS.COM - Gedung Widya Puraya Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. (Solopos-Dok.)

Solopos.com JAKARTA – Salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia, Times Higher Education, merilis daftar 9 universitas terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia (UI) menjadi yang terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE).

Mengutip Asia University Rankings, Rabu (9/6/2021), ada sembilan universitas terbaik di Indonesia. Di peringkat lima besar, Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama. Kemudian secara berurutan diikuti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selanjutnya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, dan Universitas Telkom, Bandung.

Baca Juga: Dukung Kebhinekaan, Universitas Telkom Menawarkan Beasiswa Keagamaan

Dalam menentukan pemeringkatan ini, THE melihat dari data yang mencakup 551 universitas dari 30 wilayah. THE World University Rankings merupakan satu-satunya tabel kinerja global yang menilai perguruan tinggi riset-intensif pada semua misi inti perguruan tinggi. Misi ini meliputi pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional untuk memberikan perbandingan yang paling komprehensif dan seimbang.

THE Asia University Rankings 2021 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings. Mereka dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pemimpin universitas, industri, dan pemerintah.

Indikator kinerja THE Asia University Rangkings 2021 dikelompokkan menjadi lima bidang. Yakni pengajaran, riset, sitasi, outlook internasional dari riset staf dan pelajar, dan pendapatan dari industri transfer keilmuan.

Baca Juga: 2 Universitas Luar Negeri Masuk 10 Nomine UNS Jawametrik

Pada indikator Industry Income, UI memperoleh skor tertinggi dari 4 indikator lainnya. Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia, UI juga menempati peringkat pertama se-Indonesia. Selain itu, skor UI pada indikator International Outlook, Research, dan Teaching menjadi yang paling unggul di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya