SOLOPOS.COM - Fasilitas glamour camping yang disediakan di Lawu Park, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Langkah Pemkab Karanganyar menggratiskan tiket masuk objek wisata yang mereka kelola kepada peserta Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah diikuti pengelola objek wisata lain. Namun mereka tidak memberikan tiket masuk cuma-cuma, melainkan memberi potongan harga alias diskon.

Salah satu objek wisata yang memberikan diskon tiket masuk itu adalah Lawu Park Tawangmangu. Mereka memberi potongan harga khusus sebesar 25% kepada peserta muktamar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manajer Lawu Park Tawangmangu, Anggun Nila Monica, mengatakan para peserta mukmatar dijadwalkan akan berlibur di kawasan Tawangmangu pada 18 November 2022. Mendukung kegiatan Mukmatar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah ini, pihak manajemen telah menyepakati pemberian diskon tiket masuk bagi peserta Muktamar.

Diskon berlaku di seluruh objek wisata dibawah bendera The Lawu Grup, meliputi Lawu Park, Sakura Hills, Wonder Park dan Pusat Oleh-oleh Makhutarama.

“Kami akan memberi diskon harga tiket masuk 25% di objek wisata The Lawu Grup. Agar bisa mendapatkan diskon, pengunjung harus menunjukkan kartu peserta muktamar,” katanya kepada Solopos.com, Jumat (11/11/2022).

Baca Juga: Ini Tempat Wisata Gratis di Karanganyar bagi Peserta Muktamar Muhammadiyah

Di hari biasa, dia.mengatakan tiket masuk ke objek wisata milik The Lawu Grup ditetapkan sebesar Rp20.000 per orang dan Rp25.000 saat hari libur atau weekend. Dia menargetkan separuh peserta Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa berkunjung ke objek wisata The Lawu Grup.

Di sana para peserta muktamar bisa menikmati wisata alam Gunung Lawu dengan spot-spot selfie yang ciamik. Seperti di objek wisata Sakura Hills, pengunjung disuguhi spot selfie ala-ala Jepang. Di situ pengunjung juga bisa mengenakan pakaian Kimono. Sama halnya di Lawu Park, juga terdapat spot selfie, taman bunga, dan taman salju.

Usai berwisata, pengunjung bisa mampir ke Pusat Oleh-oleh Makhutarama Karangpandan membeli buah tangan berupa bolen blingo dan bolen tape susu. Dia berharap peserta Muktamar Muhammadiyah bisa berwisata dan menikmati keindahan alam di kawasan Tawangmangu.

Baca Juga: Sebagian Peserta Muktamar Muhammadiyah akan Menginap di Masjid Colomadu

6 Objek Wisata Digratiskan

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Timotius Suryadi, memastikan pihaknya menggratiskan tiket masuk seluruh objek wisata di Bumi Intanpari yang dikelola Pemkab bagi peserta Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah.

Objek wisata ini meliputi Candi Sukuh, Candi Cetho, Waduk Plalar Gondangrejo, Museum Dayu, Pertapaan Pringgondani, dan Sapta Tirta Pablengan.

Peserta Muktamar dipersilakan berkoordinasi ke pengelola objek wisata untuk mendapatkan tiket gratis. Kedatangan peserta harus dikoordinasikan sehingga bisa jelas rombongan berikut jumlahnya.

“Silakan datang ke objek-objek wisata di Karanganyar. Untuk objek wisata milik Pemkab kita gratiskan bagi peserta Muktamar,” kata dia.

Baca Juga: Ramaikan Muktamar, Muhammadiyah akan Gelar Pameran Akbar di De Tjolomadoe

Untuk objek wisata milik perorangan atau swasta, dia mengatakan beberapa siap memberikan diskon khusus bagi peserta Muktamar. Bahkan ada yang memasang diskon 25 persen hingga 50 persen.

Tomotius berharap para pelaku usaha bisa menangkap peluang dalam penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah ini. Diperkirakan akan ada jutaan orang masuk ke wilayah Soloraya selama penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah tersebut.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memprediksi 1,5 juta tamu peserta Muktamar Muhamadiyah dan Aisyiyah membanjiri Kota Solo dan sekitarnya pada 18-20 November 2022. Para peserta bisa mengunjungi objek-objek wisata di Kabupaten Karanganyar.

Di Karanganyar terdapat beragam objek wisata mulai dari edukasi, religi, kuliner sampai olahraga adrenalin. “Satu setengah juta tamu Muktamar silakan ke Karanganyar. Berwisata di Karanganyar dengan gembira,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya