SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tes Swab (Detik.com)

Solopos.com, BOYOLALI — Kabupaten Boyolali menargetkan dalam sepekan kegiatan testing Covid-19 terlaksana minimal satu per 1.000 dari total penduduk di wilayah setempat.

Sebagai informasi, Sesuai Instruksi Bupati Boyolali No. 1/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali diminta untuk terus memperkuat pelaksanaan 3T atau testing, tracking dan treatment dalam penanganan Covid-19 di Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk testing, diarahkan untuk terus ditingkatkan hingga mencapai minimal satu per 1.000 dari jumlah penduduk per pekannya, sampai positivity rate kurang lebih 5%.

Baca juga: Pasien Covid-19 Di Boyolali Tidak Jujur Saat Minta Diperiksa Nakes, Ending-nya Tragis!

Testing menyasar pada kasus suspek, yakni untuk warga yang bergejala serta kontak erat. Untuk kegiatan tracking juga perlu dilakukan hingga lebih dari 15 kontak erat per kasus konfirmasi. Sementara untuk treatment juga perlu dilakukan secara komprehensif sesuai berat gejala.

Jangan Patah Semangat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina, mengatakan kegiatan 3T menjadi hal yang terus dilakukan dalam penanganan Covid-19.

“Untuk penanganan Covid-19, 3T terus kami lakukan. Kemudian untuk masyarakat kami imbau juga jangan patah semangat untuk selalu menjalankan 5M [memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumuman, dan mengurangi mobilitas],” kata dia belum lama ini.

Baca juga: Apes! Nakes Boyolali Dibohongi Pasien, Positif Covid-19 Tapi Ngaku Negatif

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, pada pekan ke-26 2021 ini, target orang yang dites di Boyolali sebanyak 1.100 orang. Kemudian untuk capaian pada pekan tersebut sebanyak 5.082 orang. Proporsi tes positif sekitar 27% dari target sekitar 5%.

Sementara itu untuk jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 per 9 Juli 2021 sebanyak 15.684 kasus. Jumlah tersebut sudah termasuk 470 kasus tambahan khusus di hari Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Awas Ada Penyekatan Di Boyolali! Lalu Lintas Jalan Solo-Semarang Dialihkan Ke Jalur Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya