SOLOPOS.COM - Tesla Gigafactory (Bloomberg.com)

Pemecatan juga meliputi karyawan di kawasan lainnya seperti di Nevada, Arizona, Utah, dan lainnya.

Solopos.com, NEW YORK – Produsen otomotif Tesla mengurangi jumlah karyawan dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) di divisi tenaga surya. Pihak Tesla mengatakan hal ini merupakan bagian dari proses peninjauan kinerja yang biasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski demikian, sebanyak enam karyawan yang tak mau disebut namanya mengatakan, mereka dibutakan oleh pemecatan tersebut. Menurut mereka setelah Tesla mengakuisi SolarCity yang kini menjadi anak divisinya, tak ada proses peninjauan kepada karyawan.

Bulan lalu, Tesla mengumumkan akan merumahkan sebanyak 205 karyawan SolarCity di kantor Roseville, California pada akhir Oktober. Menurut laporan CNBC, pemecatan juga meliputi karyawan di kawasan lainnya seperti di Nevada, Arizona, Utah, dan lainnya.

Total perkiraan karyawan yang dipecat, berdasarkan laporan CNBC berjumlah 1.200 orang. Sementara itu laporan berbeda datang dari Mercury News yang mengatakan ada 400 hingga 700 orang karyawan Tesla yang dipecat.

Dilansir The Verge, Kamis (26/10/2017), SolarCity adalah perusahaan yang didirikan oleh sepupu Elon Musk, Lyndon dan Peter Rive pada 2006. Tesla mengakuisisi perusahaan ini pada akhir 2016 senilai USD2,6 miliar.

Tesla mengatakan kantor SolarCity di Roseville masih akan menampung lebih dari 50 karyawan. Sayangnya, pihak perusahaan tak memberikan data jumlah karyawan yang dirumahkan.

“Seperti halnya perusahaan manapun, terutama yang memiliki lebih dari 33.000 karyawan, ulasan kinerja juga kadang-kadang mengakibatkan kepergian karyawan,” ungkap seorang juru bicara Tesla. “Tesla terus tumbuh dan mempekerjakan karyawan baru di seluruh dunia.” Imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya