Tesla Bakal Bangun Pabrik di Batang, Ini Kata Pemprov Jateng

Produsen mobil listrik Tesla dikabarkan akan segera membangun pabrik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng).
SHARE
Tesla Bakal Bangun Pabrik di Batang, Ini Kata Pemprov Jateng
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil listrik. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Produsen mobil listrik Tesla dikabarkan bakal membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah (Jateng). Kabar ini disampaikan Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, saat membuka acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila, Solo, Rabu (18/5/2022).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng pun menyambut baik kabar tersebut. Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng, Ratna Kawuri, berharap rencana Tesla membangun pabrik di Batang itu benar-benar terlaksana.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Jika rencana itu benar-benar terlaksana, maka Indonesia bakal menjadi negara keempat yang memiliki pabrik Tesla. Tentunya, hal ini pun akan sangat bagi bagi perkembangan investasi di Indonesia, terutama Jateng.

Kendati demikian, Ratna mengaku hingga kini belum mengetahui secara pasti kapankan Tesla  akan membangun pabrik di Batang, Jateng itu. Ia juga belum bisa memberikan informasi secara pasti pabrik apakah yang akan dibangun Tesla di Batang, apakah mobil listrik atau baterai.

“Insyaallah [semoga terlaksana]. Tapi, ini masih pembicaraan di tingkat pusat [belum ada komunikasi dengan pemerintah Jateng],” ujar Ratna kepada Solopos.com, Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Tarik Ulur Rencana Investasi Tesla ke Indonesia, Jadi Enggak Sih?

Sementara itu, Bahlil saat membuka cara Road to G20 di Hotel Alila Solo menyatakan jika Kabupaten Batang menjadi pusat kawasan industri besar atau terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan ada sederet perusahaan besar yang akan mendirikan pabrik di kawasan industri Batang seperti LG, Foxconn, dan Tesla.

Meski demikian, Bahlil belum membeberkan kerja sama dengan Tesla itu akan dimulai pada bulan apa. Dia pun masih merahasiakan nilai investasi dari kerja sama tersebut.

Tesla merupakan perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat. Perusahaan yang dipimpin Elon Musk, orang terkaya di dunia versi Forbes dan Bloomberg ini, memiliki spesialisasi di mobil listrik, komponen mesin, dan juga memproduksi perangkat pengisi ulang baterai.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago