TESDA, Wisata Edukasi Sumber Daya Air di Tengah Kota Purwokerto

Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto
TESDA, Wisata Edukasi Sumber Daya Air di Tengah Kota Purwokerto
SOLOPOS.COM - Pemandangan Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) Banyumas (Instagram/@sccpurwokerto)

Solopos.com, BANYUMAS  — Selain wisata curug dan wisata alam lainnya, Kabupaten Banyumas rupanya memiliki wisata air di tengah kota yang begitu megah. Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) berada di sekitar Bendungan Banjar II Sungai Kranji, Kota Purwokerto.

Sesuai dengan namanya, taman ini dibangun sebagai media edukasi sumber daya air di Purwokerto. Melalui pantauan Solopos.com di laman Instagram @sscpurwokerto, Senin (26/7/2021), bangunan pada taman ini tampak begitu megah.

Dalam bangunan ini terdapat jembatan yang pilarnya dibuat seperti lorong, selain itu di sekiling jembatan terdapat kolam dan juga terdapat ikan nila didalamnya. Taman ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat karena pengunjung tidak harus jauh-jauh ke wisata curug untuk mendengarkan gemercik air dan menikmati keindahan, karena di taman ini pengunjung sudah dapat merasakan seperti di wisata air pada umumnya.

Baca Juga : 7 Jajanan Khas Banyumas yang Harus Dicoba Para Pendatang

Saat malam hari, taman ini akan tampak indah dengan gemerlap cahaya karena lampu penerangan yang dipasang di area taman akan dinyalakan. Mengutip situs Jatengprov.go.id, pembangunan taman ini sudah dimulai sejak tahun 2016 silam dan selesai dibangun pada tahun 2018.

Saat itu ground breaking atau peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein. Dalam acara peletakan batu pertama itu dihadiri juga oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Kepala Dinas PU dan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah,.

Kepala Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Serayu, Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Forkompimda Kabupaten Banyumas,   StafAhli Bupati, Dekan Fakultas Teknik & Fakultas Pertanian Unsoed, Camat Purwokerto Timur beserta Lurah se-Kecamatan Purwokerto Timur dan Presiden Rotary Club Purwokerto.

Baca Juga : Hotel Kapsul di Jogja Ini Jadi Solusi Turis Low Budget

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan pembangunan taman merupakan kerjasama Pemkab Banyumas bersama Pemprov Jateng dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) dan persiapan pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2016 silam. Pemkab Banyumas menyiapkan tamannya, Pemprov untuk irigasinya, dan BBWS-SO berkaitan dengan sungainya.

TESDA ini dibangun pada lahan seluas 1.000 meter persegi dan taman ini juga dilengkapi dengan Gedung pengelolaan sumber daya air. Bupati Achmad berharap dengan adanya taman tersebut akan menjadikan masyarakat mengetahui manfaat air sungai bagi kehudupan sehingga meningkatkan kesadaran akan menjaga kebersihan sungai.

Lokasinya sangat strategis, berada di Jl. Jenderal Soedirman pusat Kota Purwokerto, sehingga memudahkan warga yang ingin berkunjung dan belajar banyak bagaimana pengelolaan air sungai bagi masyarakat Kabupaten Banyumas, khususnya Kota Purwokerto. TESDA ini dilengkapi dengan kamera CCTV, jadi siapa pun yang berbuat usil, yang berdampak pada kerusakan fasilitas seperti membuang sampah sembarangan, mengambil ikan, atau perbuatan usil  lainnya, langsung akan mendapatkan sanksi tegas

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago