Tes Harian Covid-19 Solo Tertinggi Ketiga Se-Indonesia, Gibran: Iya, Terima Kasih...

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengomentari data tes harian Covid-19 Solo yang masuk peringkat ketiga tertinggi nasional.
Tes Harian Covid-19 Solo Tertinggi Ketiga Se-Indonesia, Gibran: Iya, Terima Kasih...

Solopos.com, SOLO — Kota Solo masuk daftar lima kabupaten/kota dengan tingkat tes harian Covid-19 tertinggi di Tanah Air per Rabu (21/7/2021). Solo menduduki peringkat ketiga di bawah Kota Jakarta Pusat dan Kota Jakarta Selatan.

Tes harian Covid-19 Kota Bengawan mencapai target di atas 90 persen. Daerah lain dengan tingkat tes harian Covid-19 yang tinggi yaitu Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Kota Jogja, dan Kabupaten Sumenep.

Baca Juga: Bansos PPKM Darurat Untuk Pedagang Belum Ditentukan, Disdag Solo: Yang Penting Didata Dulu

Informasi tersebut berdasarkan Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat dimintai tanggapan ihwal data itu mengakui testing Covid-19 di Solo memang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Iya, [Solo] testing tinggi. Terima kasih,” tulisnya dalam pesan di Whatsapp (WA) wartawan Solo, Jumat (23/7/2021). Kendati masuk kategori daerah dengan tes harian Covid-19 tertinggi, Solo akan terus menaikkan testing.

Baca Juga: Viral Warung Loji Lawas Solo Pasang Banner Tak Ada Yang Beli, Polisi Langsung Menyerbu

Hal itu terutama terkait tracing dan tes penularan ketika ada warga yang positif Covid-19. Sebab idealnya tracing dan tes dilakukan terhadap 15 hingga 30 orang yang melakukan kontak erat dengan orang yang terpapar Covid-19.

“[Tracing dan tes] Akan kami tingkatkan,” kata Gibran. Selain tracing dan tes terhadap warga kontak erat dengan orang yang positif Covid-19, Pemkot Solo akan meningkatkan tes acak untuk melihat pola persebaran Covid-19 di wilayah.

Baca Juga: Inflasi Solo Juli 2021 Diprediksi Rendah Dampak PPKM Darurat

Selama ini, menurut Gibran, sudah beberapa kali dilakukan tes acak Covid-19 untuk melihat pola persebaran dan penularan virus di Solo. Tes acak dilakukan di pusat-pusat keramaian di Solo dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Namun untuk meningkatkan deteksi dini persebaran Covid-19 di Kota Bengawan, Gibran siap mengintensifkan tes acak. “Sudah sering tes acak di tempat-tempat keramaian. Tapi akan kami tingkatkan lagi,” tuturnya.

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago