SOLOPOS.COM - Calon penumpang menunggu di Stasiun Solo Balapan, Jumat (5/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah calon penumpang kereta api (KA) jarak jauh kecele saat hendak memanfaatkan layanan tes deteksi Covid-19 GeNose C19 di Stasiun Solo Balapan, Jumat (5/2/2021). Hal itu lantaran layanan tersebut ternyata belum bisa digunakan.

Sebelumnya PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta merilis pengumuman pemeriksaan GeNose sudah bisa dilakukan di empat stasiun mulai Jumat (5/2/2021). Empat stasiun itu yakni Stasiun Pasar Senen, Yogyakarta, Gambir, dan Stasiun Solo Balapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu penumpang KAI, Satria Adi Gunawan, mengaku kecewa karena layanan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose pada kenyataannya belum bisa dipakai.

Baca juga: Cek Covid-19 Dengan GeNose Sudah Tersedia Di Stasiun Solo Balapan Loh, Tarifnya Rp20.000

Karyawan swasta ini hendak pulang kampung ke Purworejo naik KA jarak jauh, Jumat (5/2/2021) petang. Ia kemudian datang ke Stasiun Solo Balapan untuk memanfaatkan tes Covid-19 dengan GeNose sebagai syarat utama naik KA jarak jauh.

“Pagi saya baca media online dan ada media sosial, tes GeNose bisa di Solo Balapan. Ternyata sampai stasiun, tesnya belum bisa. Petugas bilang masih uji coba dan belum tahu kapan tesnya [dengan GeNose] bisa dilaksanakan di Balapan,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat petang.

Ia bertanya lagi kepada petugas kapan layanan itu bisa diakses calon penumpang. Namun, petugas di lokasi tidak bisa memberi jawaban. "Kalau memang belum siap ya jangan bikin pengumuman bisa digunakan," gerutunya.

Baca Juga: Busyet Dah! Baru Sehari Diperbaiki, Besi Penutup Drainase Underpass Makamhaji Kartasura Rusak Lagi

Telanjur Berharap

Adi pun akhirnya mau tidak mau menjalani tes antigen yang biasa ia lakukan selama ini jika hendak mudik dengan KA jarak jauh dengan naik KA Jayakarta Premium. Padahal ia telanjur berharap banyak dengan adanya tes GeNose di Stasiun Solo Balapan tersebut.

Salah satunya adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dan proses tes lebih mudah, yakni hanya Rp20.000 dan pemeriksaan berdasarkan embusan napas. Hal ini berbeda jauh dengan tes antigen yang mengambil sampel usap dari lubang hidung yang biayanya mencapai Rp105.000.

Baca Juga: Jateng Di Rumah Saja Bakal Efektif Tekan Kasus Covid-19? Ini Kata Dokter Ahli Patologi Klinik

“Saya tanya ke nakes [tenaga kesehatan] ada kendala pada alat jadi harus dikembalikan ke Jogja. Sekitar pukul 15.00 WIB alatnya [GeNose] diambil petugas,” imbuhnya.

Hal serupa diungkapkan penumpang lainnya, Dwi. Ia kecewa lantaran tes pemeriksaan Covid-19 dengan alat GeNose di stasiun terbesar Kota Solo itu urung dilaksanakan. “Ya, kecewa. Katanya sudah ada tesnya [GeNose], tapi ternyata tidak bisa. Saya jadi harus tambah biaya lagi untuk tes [antigen],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya