SOLOPOS.COM - Ilustrasi Sepakbola (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO—Pengurus Liga Super Eropa sesumbar turnamen tersebut bakal mulai digeber sekitar bulan September 2021. Ajang saingan Liga Champions itu diklaim bakal diikuti 20 klub di musim pertamanya.

Rencana menggulirkan Liga Super Eropa pada tahun ini lebih cepat dari proyeksi awal yakni digelar musim 2023/2024. Dilansir Daily Mail, Selasa (20/4/2021), klaim itu muncul di tengah maraknya reaksi yang menentang kehadiran Liga Super Eropa.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Sekretaris Umum turnamen, Anas Laghari, menyatakan pihaknya siap duduk bersama dengan Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) untuk membahas kehadiran Liga Super Eropa. Daily Mail menyebutkan turnamen akan tetap berjalan pada September 2021 terlepas ada atau tidaknya persetujuan UEFA.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Chelsea Versus Brighton Berakhir Nirgol Di Tengah Polemik Liga Super Eropa

Reaksi Keras Pemain

Reaksi keras dari penggemar, pemain, dan tokoh sepak bola sejauh ini tidak bisa mencegah berlangsungnya turnamen tersebut. Laghari yang berprofesi sebagai bankir di sebuah perusahaan keuangan Spanyol mengatakan keinginan mendirikan Liga Super Eropa didasari niat menyuguhkan tontonan sepak bola terbaik.

Caranya dengan menghadirkan pertandingan yang mempertemukan tim-tim besar lebih sering. Dengan begitu, ketertarikan penonton khususnya penonton usia muda akan lebih tinggi.

“Generasi muda kurang tertarik pada sepak bola, fokus pada konsol atau hal lainnya dan hanya terhubung untuk pertandingan besar, tetapi pertandingan besar ini jarang terjadi,” ujar Laghari.

Baca Juga: Kantongi Rp1,6 Triliun Seusai Dipecat Tottenham, Kehebatan Jose Mourinho Kian Luntur?

“Kami juga mencatat rasa frustrasi di antara para pemain yang ingin memainkan pertandingan besar melawan para pemain hebat,” ia melanjutkan. Liga Super Eropa didirikan oleh 12 klub yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, Inter Milan, AC Milan, dan enam klub Inggris yaitu Manchester United, Liverpool, Manchester City, Arsenal, Chelsea, serta Tottenham Hotspur.

Selain 12 klub tersebut, tiga tim tambahan bakal bergabung dalam waktu dekat untuk menggenapkan menjadi 15 klub pendiri. Liga Super Eropa akan diikuti 20 klub Eropa yang terdiri dari 15 klub pendiri dan lima tim lain yang akan dipilih berdasarkan performa di kompetisi domestik Eropa pada musim sebelumnya.

Namun pada perkembanganya Rabu (21/4/2021) sebagian besar klub di Inggris mengundurkan diri dari Liga Super Eropa yang akan semakin memperumit polemik ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya