SOLOPOS.COM - Kholil, warga Jepara yang disebut-sebut sebagai crazy rich karena menghabiskan Rp3,7 miliar untuk membangun jembatan. (Istimewa/Solopos.com)

Solopos.com, JEPARA — Seorang pria di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng), mendadak viral di media sosial. Pria bernama Kholil, 54, warga Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, ini menjadi sorotan publik dan disebut crazy rich karena rela merogok kantong pribadi untuk membangun jembatan yang menjadi akses penghubung di desanya.

Tak tanggung-tanggung, biaya yang harus dikeluarkan Kholil untuk membangun jembatan yang berada di Desa Kecapi RT 015/RW 002, Kecamatan Tahunan itu mencapai Rp3,7 miliar. Kholil mengaku anggaran untuk membangun jembatan itu berasal dari dana pribadinya, hingga julukan crazy rich pun disematkan kepadanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi terkait dirinya yang membangun jembatan hingga mengeluarkan dana pribadi Rp3,7 miliar ini kali pertama disampaikan kepadanya di media sosial.  Pria asal Jepara itu menyampaikan informasi itu kala media sosial diramaikan dengan pemberitaan seputar crazy rich asal Grobogan yang membangun jalan di desanya.

Unggahan Kholil di media sosial melalui akun @JJoyowaskito itu pun langsung viral dan sempat dibagikan sejumlah akun media sosial. Banyak netizen yang salut atas pengorbanan Kholil, namun ada juga yang menyangsikan dirinya telah membangun jembatan hingga menelan biaya Rp3,7 miliar itu.

Saat dihubungi Solopos.com, Kholil membenarkan jika dirinya telah membangun jembatan yang berada di wilayah Desa Kecapi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara itu. Jembatan sepanjang 22 meter dan lebar 6 meter itu dibangun pada Oktober 2019 dan selesai pada Januari 2022.

Baca juga: Crazy Rich! Pria di Jepara Ini Ngaku Bangun Jembatan Rp3,7 Miliar

“Iya, saya bangun jembatan itu. Uang saya habis Rp3,7 miliar untuk membangun jembatan itu. Uangnya dari mana? Itu hasil saya jual tanah, mobil, dan lain-lain. Sekarang saya sudah tidak punya apa-apa. Tapi enggak apa-apa, saya kan sudah tua, sudah enggak butuh apa-apa lagi,” ujar Kholil saat dihubungi Solopos.com, Kamis (5/5/2022).

Kholil mengungkapkan alasannya membangun jembatan tersebut. Pria yang disebut-sebut sebagai Crazy Rich Jepara ini pun mengaku tergerak membangun infrastruktur di desanya karena resah dengan sejumlah insiden yang menimpa warganya saat menyeberang di Kali Wiso.

“Dulu sebelum ada jembatan, warga yang menyeberang di Kali Wiso kerepotan. Apalagi kalau musim hujan dan sungainya banjir. Bahkan ada yang sempat hanyut. Dari situ, saya akhirnya membangun jembatan itu. Saya prihatin,” ungkapnya.

Baca juga: Ini Moto Hidup Crazy Rich Grobogan: Jangan Takut Berbuat Baik.

Kholil mengaku sempat meminta bantuan pemerintah daerah agar di desanya dibangun jembatan itu. Bahkan ia sempat mengirim permohonan secara online kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Meski demikian, permohonan itu tak digubris hingga akhirnya ia berinisiatif membangun jembatan itu sendiri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya