SOLOPOS.COM - Sejumlah wahana pasar malam telah terpasang di Alun-alun Kidul, Solo, Jumat (20/5/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOPasar rakyat dan UMKM Soloraya yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19, kembali digelar di Alun-alun Kidul atau Alkid Keraton Solo mulai Jumat (20/5/2022) hingga 19 Juni mendatang. Seperti biasa, wahana permainan seperti kora-kora, bianglala, dan lain-lain menjadi daya tarik.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat, sejumlah wahana sudah terpasang di Alun-alun Kidul, antara lain kincir angin/bianglala dan kora-kora. Sementara material lainnya masih tertutup terpal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Lapangan Alkid, BRM Yudhistira Rachmat Saputra, menjelaskan Alkid disewa untuk menggelar kegiatan dalam rangka Syawalan itu pada 20 Mei sampai 19 Juni 2022. Konsep acaranya pasar malam.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebenarnya ini merupakan acara sebelum pandemi  namun cancel [batal] akibat PPKM [Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat]. Nah lanjutannya sekarang,” katanya kepada Solopos.com.

Yudhis mengatakan pengelola pasar rakyat Alkid sudah mengantongi izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo. Kegiatan itu bakal berlangsung dengan menerapkan prokes. “Saya lihat pada proposal, konsep acara pasar malam dengan wahana saja. Enggak ada acara khusus, dangdut memang tidak ada,” paparnya.

Baca Juga: Gebyar Pasar Rakyat di Alkid Keraton Solo Dikira Sekatenan

Roda Ekonomi

Menurutnya, adanya pasar malam bakal berdampak terhadap roda ekonomi khususnya pedagang kaki lima (PKL). PKL Alkid ada sekitar 200 sampai 250 orang yang berjualan pada pagi dan PKL sore. “Biasanya banyak pengunjung itu sore pukul 15.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Selain itu juga Minggu pagi,” paparnya.

Dia menjelaskan pasar malam bakal membuat kunjungan ramai bisa sampai lebih malam atau lebih dari pukul 20.00 WIB. Yudhis menambahkan tingkat kunjungan Alkid bertambah waktu Ramadan dan Lebaran 2022.

Salah satu faktornya adanya pelonggaran serta libur Lebaran yang lebih panjang dari tahun sebelumnya. Terpisah, Kepala Satpol PP Solo Arif Darmawan saat diminta konfirmasi mengenai acara tersebut mengatakan akan melihat perizinannya dulu.

Baca Juga: Sempat Viral, Spanduk Pasar Rakyat Alkid Solo Hanya Terpasang Beberapa Jam

Berdasarkan catatan Solopos.com, penyelenggaraan Gebyar Pasar Rakyat di Alkid Keraton Solo sempat akan digelar pada Juli 2020 lalu. Informasi mengenai acara itu menjadi kontroversi, bahkan menjadi viral di media sosial. Banyak pihak yang menentang karena saat itu pandemi Covid-19 dan kerumunan dilarang.

Apalagi penyelenggara saat itu tidak mengantongi izin dari pihak-pihak terkait termasuk Satgas Penanganan Covid-19 Solo. Sejumlah wahana yang telanjur terpasang pun akhirnya dibongkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya