Tersisa 81.257 Pelajar Klaten Belum Divaksin, Pekan Depan Jadi Prioritas Vaksinasi

Satgas PP Covid-19 Klaten tinggal berkonsentrasi merampungkan vaksinasi 81.257 pelajar karena sebanyak 31.020 pelajar sudah divaksin pada waktu sebelumnya.
Tersisa 81.257 Pelajar Klaten Belum Divaksin, Pekan Depan Jadi Prioritas Vaksinasi
SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi pelajar. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, KLATEN — Satgas PP Covid-19 Klaten mematok target dapat merampungkan vaksinasi Covid-19 terhadap 112.277 pelajar, paling cepat hingga akhir bulan mendatang.

Sesuai rencana, Satgas PP Covid-19 Klaten tinggal berkonsentrasi merampungkan vaksinasi 81.257 pelajar karena sebanyak 31.020 pelajar sudah divaksin pada waktu sebelumnya.

Demikian penjelasan Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Klaten, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Disebut Candi Asu, Ini Wujud Yoni di Tengah Sawah Klaten Terdampak Tol Solo-Jogja

Sebagaimana diketahui, sejumlah sekolah di Klaten sudah mulai menggelar uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah PPKM Level 3. Hal itu perlu didukung kekebalan tubuh para pendidik dan peserta didik agar terhindar dari virus corona. Selain disiplin menaati protokol kesehatan (prokes), percepatan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran para pelajar di Kabupaten Bersinar segera dilakukan.

“Pekan depan, semoga sudah dapat digencarkan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar usia 12 tahun-17 tahun. Kami sudah bahas dan persiapkan itu bersama TNI/Polri. Vaksinasi ke para pelajar memang menjadi prioritas,” kata Ronny.

Masih PPKM Level 3

Dia mengatakan pelaksanaan uji coba PTM di berbagai sekolah di Kabupaten Bersinar telah berlangsung lancar. Sejauh ini, tak ada kasus persebaran virus corona di lingkungan sekolah.

“Dengan dilakukan vaksinasi nanti, semoga kekebalan tubuh para siswa dan bapak/ibu guru juga semakin baik. Meski seperti itu, harus tetap prokes. Di Klaten masih berlangsung PPKM Level 3,” katanya.

Baca juga: Wow! Setiap Puskesmas di Klaten Mampu Lakukan 1.000 Vaksinasi dalam Sehari

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan target vaksinasi yang dipatok Pemkab Klaten mencapai kurang lebih 1.006.500 orang.

Dari total tersebut, capaian vaksinasi Covid-19 di Klaten saat ini sudah mencapai 45,6 persen (dosis I). Sedangkan, dosis II mencapai 18 persen.

“Jika semuanya lancar, prediksi saya di akhir Oktober 2021 capaian vaksinasinya bisa mencapai 70 persen. Sekali lagi, itu kalau semuanya berjalan dengan baik,” katanya.

Baca juga: Biar Tetap Zona Hijau Covid-19, Desa di Klaten Ini Masih Larang Hajatan dan Kumpulan

Anggit mengatakan gencarnya vaksinasi yang berlangsung di Kabupaten Bersinar dalam satu bulan terakhir dinilai mempercepat peningkatan persentase capaian vaksinasi. Pemkab Klaten tergolong tinggi untuk capaian vaksinasi Covid-19 di tingkat Jateng.

“Di Klaten dalam satu bulan terakhir ini, rata-rata ada 30.000-an vaksinasi Covid-19 dalam sehari. Bahkan, pernah 38.000 vaksinasi dalam sehari. Ini luar biasa. Masyarakat pun menyambut baik dengan serbuan vaksinasi yang menyasar ke berbagai kalangan,” katanya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago