SOLOPOS.COM - Anggota BPBD Sukoharjo dan sukarelawan bencana alan dibantu warga memotong batang pohon ketos yang tumbang dan menimpa rumah warga di Kampung Menjing, Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Selasa (11/1/2022). (Istimewa/Havid Danang)

Solopos.com, SUKOHARJO – Dua rumah warga di RT 003/RW 009, Kampung Menjing, Kelurahan Gayam, Sukoharjo tertimpa pohon ketos yang tumbang pada Selasa (11/1/2022) sekitar pukul 02.30 WIB.

Sebelumnya, pohon ketos itu tersambar petir dan terbakar pada Minggu (9/1/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa, hujan lebat disertai petir dan angin kencang mengguyur wilayah Sukoharjo pada Minggu sore. Kala itu, petir menyambar pohon ketos yang tumbuh di tengah permukiman penduduk.

Batang pohon ketos terbakar dan mengeluarkan asap. Saat kejadian, warga setempat tak mengira kobaran api menjalar hingga batang pohon bagian bawah.

Baca Juga: Kalang Kabut Pemdes di Sukoharjo Tentukan Sasaran BLT dari Dana Desa

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto, mengatakan saat kejadian, pohon ketos yang tersambar petir tidak tumbang. Namun, batang pohon terbakar hingga bagian bawah. Pohon ketos itu akhirnya tumbang pada Selasa dini hari.

“Pohon ketos yang tumbang menimpa dua rumah warga setempat. Satu unit rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Sedangkan satu unit rumah lainnya hanya pagar dan teras rumah,” kata dia, kepada Solopos.com, Selasa.

Warga setempat langsung melaporkan kejadian itu ke pemerintah kelurahan yang diteruskan ke BPBD Sukoharjo. Tak berapa lama kemudian, anggota BPBD Sukoharjo dan sukarelawan bencana alam mendatangi lokasi kejadian untuk memotong batang pohon yang tumbang.

Baca Juga: Truk Nabrak Pembatas Jalan Underpass Makamhaji Bikin Macet 1,5 Jam

“Proses pemotongan batang pohon tumbang pada Selasa pagi. Sekarang sudah selesai, warga sudah melanjutkan aktivitasnya,” kata dia.

Camat Sukoharjo, Havid Danang Purnomo, menyatakan masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan lebat dengan intensitas tinggi selama berjam-jam.

Apabila ada pohon tumbang segera dilaporkan ke perangkat kelurahan agar bisa segera ditindaklnjuti oleh instansi terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya