SOLOPOS.COM - Bangunan yang diduga terowongan kuno ditemukan di Klaten. (detik.com)

Solopos.com, KLATEN – Terowongan kuno yang ditemukan di Dusun Samber, Desa Sabrang Lor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ternyata dibangun pada zaman Belanda. Terowongan itu diperkirakan dibangun pada 1930 untuk pengairan.

Hal itu disampaikan Analis Cagar Budaya dan Museum Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Avi Elsatyawira, seperti dilansir Detik.com, Sabtu (4/9/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terowongan itu saluran air yang sudah tidak digunakan lagi. Dibangun tahun 1930 untuk pengairan,” jelasnya.

Baca juga: Kuliner Lezat Tersembunyi di Sukoharjo Ternyata Nasi Goreng Pak Basiyo, Rasanya Josss!

Selain terowongan, tim dai Pemkab Klaten juga menemukan bekas pagar tembok. “Sedang yang di pinggir jalan itu pagar dan di atasnya saluran air juga. Tapi sudah tidak berfungsi dibangun tahun 1967,” papar Avi.

Pamong Budaya Madya BPCB Jateng Deni Wahju Hidajat, juga menyebut terowongan itu saluran air. Sebab jika dilihat dari lokasi penemuannya ada di daerah pertanian.

“Sekilas itu saluran irigasi. Karena daerah Trucuk itu termasuk daerah pertanian tembakau atau tebu. Belanda biasanya membangun infrastruktur yang mendukung produktifitasnya,” terang Deni.

Baca juga: Tiga Kali Gagal Masuk Akpol, Putra Kapolri Pilih jadi Pegawai Bank

Deni menambahkan terowongan kuno serupa sebelumnya ditemukan di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Namun dia menyebut saluran air itu dibangun untuk kepentingan pabrik gula.

Diberitakan sebelumnya, terowongan kuno di Trucuk, Klaten itu ditemukan oleh warga saat menggali tanah untuk membuat kolam pemancingan.

Sementara terowongan kuno lainya sebelumnya ditemukan warga pada November 2019 di kawasan Cokro, Tulung, Klaten.  Terowongan itu diduga merupakan terowongan De Suiker Fabriek Tjokro Toelong alias terowongan Pabrik Gula (PG) Tjokro Toeloeng di zaman Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya