SOLOPOS.COM - Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. (Istimewa/Instagram @jo.chryst)

Solopos.com, WONOGIRI — Semboyan Wonogiri Sukses tidak lagi asing terdengar di telinga masyarakat karena dapat ditemui hampir di seluruh tempat di Kabupaten Wonogiri. Namun, sedikit yang tahu apa arti semboyan tersebut.

Semboyan Wonogiri Sukses mulai digunakan sejak tahun 1986, pada masa kepemimpinan Bupati Drs. Oemarsono. Dasar hukum semboyan Wonogiri Sukses adalah Keputusan Bupati Wonogiri Nomor: 42 (a) tanggal 1 Maret 1986 tentang Semboyan Kerja Kabupaten Daerah Tingkat II Wonogiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata sukses dapat berarti berhasil atau beruntung. Dilansir dari bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.com, Kamis (28/7/2022), kata sukses dalam Wonogiri Sukses merupakan sebuah akronim yang dijabarkan sebagai berikut:

1. Huruf S sebagai Stabilitas yang Mantap

Tanpa stabilitas, pembangunan tidak dapat dilaksanakan. Stabilitas merupakan prakondisi guna menyukseskan program pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang.

Baca Juga: Kisah di Balik Plintheng Semar Wonogiri

2. Huruf U sebagai Undang-Undang atau Peraturan yang Mendasari Kebijakan Wajib Dilaksanakan dengan Disiplin

Kedisiplinan dalam menjalankan setiap kebijakan yang berpijak pada peraturan perundang-undangan. Hal ini sangat penting untuk menghindari benturan, pertentangan, dan ketidaktertiban dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

3. Huruf K untuk Koordinasi/Kompak

Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang semakin luas dan kompleks sangat diperlukan kekompakan seluruh aparatur. Berbekal koordinasi yang baik semua pihak maka apapun tugas dan kewajiban dapat terselesaikan dengan baik pula.

Baca Juga: Sejarah Tugu Jati Bedug Wonogiri

4. Huruf S untuk Sasaran yang Tepat

Sasaran yang dicapai haruslah tepat, dalam arti tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya, dan tepat manfaat. Sasaran ini berupa hasil yang harus segera dicapai dalam setiap melaksanakan kegiatan pembangunan yang dipersembahkan untuk kesejahteraan rakyat banyak.

5. E untuk Evaluasi, Efisiensi, dan Efektivitas

Seluruh kegiatan harus senantiasa diadakan evaluasi dan penerapan efisiensi untuk menuju efektivitas suatu program kerja. Hal ini sangat penting guna menghindari penyimpangan yang menjauhkan dari target yang telah direncanakan.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Kecamatan Terkecil di Wonogiri

6. Huruf S untuk Semangat Juang Berdedikasi

Segala kegiatan tanpa disadari semangat mengabdi tidak akan berhasil dengan baik. Semangat daya juang yang berdedikasi inilah yang akan memperkuat keyakinan menuju kesuksesan.

Penting bagi masyarakat, khususnya warga Wonogiri memiliki semangat meraih kesuksesan. Dengan adanya semboyan Wonogiri Sukses, diharapkan semangat untuk sukses dapat memberikan inspirasi warga Wonogiri dalam bekerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya