SOLOPOS.COM - Infografis Susu Boyolali (Solopos/Khoirul Tri Chandra P)

Solopos.com, BOYOLALI — Produksi susu yang dihasilkan oleh sapi perah di Kabupaten Boyolali pada 2021 mencapai 51.560.000 liter. Angka itu 60 persen dari total produksi susu sapi di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Jumlah produksi susu sapi itu diungkapkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Gunawan Andriyanto saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Jumat (29/5/2022). “Untuk populasi sapi perah di Boyolali ada 94.698 ekor,” jelasnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Gunawan, susu sapi yang dihasilkan peternakan sapi perah di Boyolali dikirimkan ke banyak perusahaan besar pengolah susu untuk diproduksi menjadi susu segar, susu kental manis, dan produk olahan susu lainnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan kebanyakan sapi perah terkonsentrasi di wilayah yang memiliki suhu dingin dan dataran tinggi Boyolali. Wilayah sapi perah di Boyolali berada di Kecamatan Selo, Cepogo, Tamansari, Musuk, Mojosongo, Boyolali, Teras, Gladagsari, dan Ampel.

Sementara itu, Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Musuk, Kuncoro, mengungkapkan per hari KUD-nya dapat menerima kurang lebih 15 ribu liter sapi dari para peternak di Kecamatan Musuk. “Kalau dari petani sendiri, per satu ekor satu produktif nanti bisa keluar delapan sampai 20 liter susu,” jelasnya.

Simak infografis seputar produksi susu sapi di Boyolali serta populasi sapi perah dan ternak lainnya:

Infografis Susu Boyolali (Solopos/Khoirul Tri Chandra P)
Infografis: Khoirul Tri Chandra P
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya