SOLOPOS.COM - Tempat istirahat copet di Terminal Tirtonadi Solo. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Pengelola Terminal Tirtonadi Solo akan membuka kembali pos atau tempat istirahat copet pada momen angkutan mudik Lebaran 2022 ini. Pos ini dinilai efektif menekan angka kejahatan terutama pencopetan di lingkungan terminal bus tersebut.

Tak hanya itu, keberadaan pos istirahat copet yang mengandung satire atau sindiran itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpang bus yang turun atau naik di Terminal Tirtonadi. Tak sedikit dari mereka yang mampir untuk berfoto dengan latar belakang pos tersebut sebagai kenang-kenangan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan catatan Solopos.com, pos istirahat copet itu mulai ada sejak 2014. Saat itu, Terminal Tirtonadi Solo belum semegah sekarang, masih bangunan lama, dan kasus pencopetan masih kerap terjadi dan menimpa para penumpang bus, baik di dalam bus maupun di lingkungan termimal.

Baca Juga: Dibuka, Pos Istirahat Copet Siap Bikin Malu Pencopet di Tirtonadi Solo

Berangkat dari keinginan untuk membuat Terminal Tirtonadi Solo bebas dari kejahatan pencopetan, muncul lah ide untuk membuka tempat atau pos istirahat copet. Adalah mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, sosok di balik munculnya ide tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto. Menurut Joko, dulu Rudy, sapaan akrab mantan Wali Kota Solo itu, ingin pos tersebut memberikan efek jera kepada pencopet yang tertangkap.

Pos tersebut hanya dibuka saat momen tertentu seperti Lebaran, Natal dan Tahun Baru. “Faktanya memang mulai 2014 itu efektif. Tidak ada namanya copet di terminal. Sama sekali enggak ada. Pasti kan malu kalau ada pos begitu,” ujar Joko saat diwawancarai Solopos.com, Senin (11/4/2022).

Baca Juga: Kisah Tragis Penakluk Copet Terminal Tirtonadi Solo Jadi Korban Tabrak Lari

Malu dan Jera

Para pencopet yang tertangkap saat beraksi di bus maupun lingkungan Terminal Tirtonadi Solo akan dibawa ke pos istirahat copet dan dipertontonkan kepada pengunjung terminal. Pos istirahat copet itu berada di bagian terminal yang mudah dilihat orang.

Hal itu diharapkan bisa membuat para pencopet malu dan jera sehingga tidak lagi mengulangi perbuatan mereka. Dari tahun ke tahun sejak ada pos istirahat copet itu jumlah pelaku kejahatan di terminal bus itu terus berkurang.

Bahkan belakangan pos istirahat copet itu lebih sering terlihat menganggur. Kendati begitu, keberadaan pos istirahat copet itu tetap diperlukan mengingat sewaktu-waktu kejahatan bisa kambuh kembali.

Baca Juga: INFO MUDIK 2016 : Ssst, di Terminal Tirtonadi Ada Tempat Istirahat Khusus untuk Copet !

Wali Kota Solo Gibran Rakabuminng Raka juga mendukung adanya pos istirahat copet di Terminal Tirtonadi. Menurutnya, lonjakan jumlah pemudik yang diperkirakan terjadi pada Lebaran 2022 ini memungkinkan adanya tindak kejahatan seperti copet.

Terlepas dari itu, Gibran berharap masa mudik Lebaran 2022 dapat berjalan dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya