SOLOPOS.COM - Ilustrasi beda Avanza dan Xenia (Carusermagz)

Solopos.com, SOLO-Bagi sebagian orang tentu bertanya-tanya, apa alasan Toyota dan Daihatsu memproduksi kendaraan yang sama yaitu  Avanza dan Xenia. Simak ulasannya di info otomotif berikut ini.

Sebelumnya ketahui terlebih dulu selain dua tipe itu, Toyota dan Daihatsu juga punya produk mirip lainnya yaitu Terios dan Rush. Terios merupakan SUV produksi Daihatsu yang menggantikan Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu bekerja sama dengan Toyota, sehingga ada versi Toyota yaitu Toyota Rush.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari  daihatsukediri.id pada Rabu (1/2/2023), Xenia dan Avanza adalah nama mobil bertipe MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan dua merek yaitu Daihatsu Xenia yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor, sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza.

Ekspedisi Mudik 2024

Alasan mengapa Avanza dan Xenia sama adalah karena kedua mobil itu diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor sejak generasi pertama diluncurkan pada akhir tahun 2003 lalu. Dengan demikian Toyota Avanza ini tidak diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Meski Avanza diproduksi di pabrik Daihatsu, bukan berarti Toyota tidak terlibat sama sekali. Tak hanya memproduksi twin low MPV, Avanza-Xenia, pabrik Daihatsu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, juga memproduksi twin compact SUV, yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi itulah salah satu jawaban kenapa Xenia dan Avanza sama.

Mobil ini dipasarkan dengan dua merek yaitu Daihatsu Xenia yang dipasarkan oleh Astra Daihatsu Motor, sedangkan Toyota Astra Motor memasarkannya dengan merek Toyota Avanza. Perbedaan-Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia ini berbeda pada desain bumper depannya.

Setelah mengetahui alasan Avanza dan Xenia sama, ketahui juga bahwa sebetulnya kedua tipe ini tidak persis sama. Ada sejumlah perbedaan yang membedakan kedua produk ini. Perbedaan itu mencakup desain bumper depan, peralatan mesin, hingga pelek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya