SOLOPOS.COM - Kendaraan melintasi Viaduk Gilingan, Banjarsari, Solo, Selasa (9/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Selain pengerjaan Simpang Joglo, Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo, terdapat proyek berskala nasional lain di Solo, yaitu viaduk Gilingan di Jl A Yani, Kecamatan Banjarsari. Proyek di viaduk Gilingan bukan hanya satu, melainkan dua proyek yang berjalan nantinya.

Pengerjaan pertama adalah pembangunan jalan kereta api yang akan dimulai pada Oktober hingga Desember 2022. Sedangkan proyek kedua yakni normalisasi viaduk Gilingan yang rencananya dimulai ketika Jembatan Jurug B pada Februari 2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area I Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Dheky Martin, memberikan klarifikasi terkait pengerjaan di viaduk Gilingan.

“Jadi di sini sekalian saya klarifikasi bahwa yang benar, ada dua pengerjaan di viaduk Gilingan. Pertama pengerjaan jalan kereta aApi dengan kode jembatan KA BH. 314 B, berupa jalur ganda. Kedua normalisasi viaduk Gilingan,” ucap Dheky saat konferensi pers di ruang rapat Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Kamis (8/9/2022),

Lebih gamblang, Dheky menjelaskan pengerjaan jalan kereta api akan berdampak pada buka tutup jalan di viaduk Gilingan untuk mengakomodasi alat berat guna memasang bored pile. Linimasa pengerjaan proyek ini yakni Oktober-Desember 2022.

Baca Juga: Cegah Kemacetan Parah, Pengerjaan Proyek Viaduk Gilingan Solo Berpotensi Mundur

“Buka tutup jalan untuk mengakomodasi alat berat, karena tahap pertama adalah pemasangan Bored Pile. Tetapi pada November akan ada penyesuaian karena ada persemian Masjid Raya Sheikh Zayed yang dekat dengan viaduk Gilingan,” jelasnya.

Mengenai proyek normalisasi viaduk Gilingan, Solo, Dheky menyebut akan menunda pengerjaan pada Februari 2023. Pertimbangannya untuk menghindari kemacetan karena ada banyak ya proyek yang berjalan bersamaan.

Menunggu Jembatan Jurug

Rencananya, proyek tersebut menunggu Jembatan Jurug B selesai. “Kemungkinan pengerjaan akan dimulai pada Februari 2023, supaya tidak terjadi kemacetan yang parah saat proyek berjalan,” ulasnya.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Solo Masih Buka-Tutup, Penutupan Total Februari-April 2023

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui media sosial Twitter dan Instagram mengunggah timeline pekerjaan viaduk Gilingan yang terbagi dalam dua tahap. Tahap I merupakan pekerjaan jembatan yang berlangsung Agustus 2022 sampai Februari 2023.

Berlaku buka tutup jalan selama pekerjaan tahap ini. Kendaraan dengan ketinggian lebih dari 2,3 meter dilarang melintas sampai pekerjaan penurunan elevasi selesai.

Tahap selanjutnya pada pengerjaan proyek viaduk Gilingan, Solo, berupa penurunan elevasi jalan yang berlangsung Februari 2023 sampai April 2023. Selama pekerjaan tahap II itu Jl A Yani ditutup total.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Solo Direnovasi dan bakal Ditutup, Ini Jadwal Pelaksanaannya

Penutupan terkait pengerjaan perbaikan viaduk Gilingan, Solo, dari ruas Jl A Yani segmen simpang Ngemplak dan simpang Gilingan. Pengalihan arus lalu lintas berlaku diarahkan melalui Jl A Yani, Jl Letjen S Parman, Jl Monginsidi.

Jalur itu digunakan untuk kendaraan dari arah barat maupun timur selama pembangunan viaduk Gilingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya