Terminal Wonogiri Bakal Terapkan Tes GeNose untuk Penumpang, Biayanya Gratis!
Solopos.com|soloraya

Terminal Wonogiri Bakal Terapkan Tes GeNose untuk Penumpang, Biayanya Gratis!

Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri akan menambah alat screening untuk mendeteksi Covid-19 bagi penumpang bus dengan GeNose. Setiap hari akan ada 10 orang dites.

Solopos.com, WONOGIRI -- Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri akan menambah alat screening untuk mendeteksi Covid-19 bagi penumpang bus dengan GeNose. Penumpang tidak dipungut biaya saat melakukan deteksi atau tes dengan alat tersebut.

Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan pemberlakuan alat deteksi Covid-19 berupa GeNose di terminal merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan. Deteksi itu dilakukan secara gratis bagi para penumpang.

Baca Juga: Ekspedisi KRL Solo-Jogja Memotret Geliat Ekonomi Baru Gawok Sukoharjo

Beberapa waktu lalu, dua petugas Terminal Giri Adipura telah ditugaskan untuk mengikuti pelatihan penggunaan GeNose. Selanjutnya, dua orang itu akan mengoperasikan GeNose di Terminal Wonogiri.

Menurut Agus, saat ini ada 300 kantong yang diterima untuk digunakan di terminal yang berlokasi di Kecamatan Selogiri tersebut. Sesuai anjuran, dalam satu hari diperuntukkan untuk sepuluh penumpang yang ditunjuk secara acak.

"Kalau semua penumpang diwajibkan tes GeNose belum mampu. Karena jumlah penumpang keberangkatan di terminal ini rata-rata 1.500 orang per hari. Bisa kewalahan," kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/4/2021).

Ia mengatakan, penggunaan alat itu akan dimulai ketika kelengkapan sarana dan prasarana pendukung pengoperasian alat sudah lengkap. "Ini kan baru alat GeNose yang datang. Alat pendukung seperti laptop dan lainnya masih menunggu," ungkap dia.

Ketika peralatan sudah lengkap, kata dia, akan dilakukan uji coba. Saat pelaksanaan akan melibatkan atau didampingi tenaga kesehatan dan petugas RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Satgas Covid-19 Wonogiri akan diajak berkoordinasi terkait pengoperasian alat itu.

"Jika nanti ada penumpang bus yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes GeNose, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten [DKK] Wonogiri. Kami akan lebih hati-hati dalam memberlakukan alat tersebut bagi penumpang," kata Agus.

Baca Juga: Menaker: THR Wajib Dibayar Sebelum Lebaran dan Tak Boleh Dicicil!

Kepala DKK Wonogiri, Adhi Dharma, menyambut baik adanya alat GeNose yang akan digunakan untuk mendeteksi Covid-19 bagi penumpang bus di terminal. Terlebih di Wonogiri, kaum boro yang melakukan mobilitas menggunakan bus cukup banyak.

"Terkait tenaga kesehatan yang dibutuhkan untuk membantu proses pengoperasian alat itu akan dikoordinasikan dengan pihak terkait dan menunggu instruksi pimpinan," kata Adhi.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago